TRY-OUT & WORKSHOP

Jumat, Januari 27, 2012
dua hari yang lalu, gue dan temen-temen seangkatan kelas 12, melaksanakan ujian Try-Out di sekolah.. 
berikut foto-fotonya :









kita ngambil nomor ujiannya juga desak-desakkan, berikut video yang berhasil gue rekam :



di Try-Out pelajaran bahasa indonesia, gue murni gak nyontek. beberapa temen ada yang minta jawaban ke gue, namanya juga temen, ya gue kasih. gue sempet juga sih di tawarin, cumen gue nolak cuz berapapun hasilnya nanti, itu murni kerjaan gue.

diantara banyak soal, gue nemuin satu soal yang cukup kontroversi, begini :
SOAL

38 . perhatikan dialog berikut ini !

sandi : sudah selesai kau kerjakan proposal itu rin ?
rina : belum, aku masih bingung !
sandi : mengapa bingung, apa yang masih kurang ?
rina : belum soal biaya yang harus kita perhitungkan !
sandi : …..

kalimat penutup yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah …

a. jangan terlalu kau pikirkan masalah biaya itu urusan sekolah
b. ah kau ini, baru begitu saja sudah bingung
c. kamu pakai saja dulu uang kelas kita rin !
d. kamu pakai saja uangmu dulu kamukan bendaharanya
e. sudahlah jangan terlalu dipikirkan, waktunya nanti pasti selesai

disini kita bisa lihat kalo si rina dan sandi anak organisasi. jadi si rina lagi galau gara-gara proposalnya belum selesai dikerjakan. saat istirahat, sandi menghampiri rina. tepat di tempat duduknya rina, terjadilah percakapan seperti yang di soal.

sandi : sudah selesai kau kerjakan proposal itu rin ?
rina : belum , aku masih bingung !
sandi : mengapa bingung , apa yang masih kurang ?
rina : belum soal biaya yang harus kita perhitungkan !
sandi : …..

alasan yang membuat rina galau proposal gak jadi-jadi ialah masalah biaya.
nah, di soal ada pilihan ganda a,b,c,d,e. yang bener untuk kata-kata sandi yang terakhir apa ya ?
mari kita analisa:

a. jangan terlalu kau pikirkan masalah biaya itu urusan sekolah. bisa ajah si. oya, yang belum kita ketahui, sandi itu sebenarnya ketua organisasi ato bukan ? bisa ajahkan dia cuma kacung. jangan sotoy dah lu san!

b. ah kau ini, baru begitu saja sudah bingung. pas ngomong begini si sandi, mungkin langsung di tampol rina. eh san elo ngomong gampang ya! coba elu ada di posisi gue! coba!? gak segampang itu san! elu gak ngerti perasaan gue san!

c. kamu pakai saja dulu uang kelas kita rin !. yap si sandi bagus banget ngajarinnya. si sandi kayaknya naksir si rina. sandi tampak siap nerima resiko bakal di gebukin temen sekelas demi rina, gara-gara nyolong duit kas kelas. “san !?” rina mencoba menggagalkan rencananya sandi. dengan muka tegar sandi bilang “ini demi proposal kita rin”. keesokkan harinya sandi beneran melancarkan rencananya, tapi semesta menggagalkan rencana busuknya itu. yap, sandi ketahuan. sandi di telanjangin oleh temen-temennya hingga menyisakan sempak segitiganya. sandi di arak keseluruh kelas dengan mengalungi kertas bertulisan ‘AKU NYOLONG UANG KAS KELAS’. disisi pinggir bawah kertas ada tulisan lagi, yang berbunyi ‘MAU, FOTO BARENG ? BOLEH, 1000 AJAH’. brilliant! untuk mengganti uang kas yang di colong sandi, ketua kelas mengusulkan kalo di tulisan yang di kalungi sandi, ditambahkan promosi foto bareng. bak artis ibu kota, hasilnya wowww AMAZING ! temen-temen pada request agar sandi bergaya seperti patung pancoran. sandi sempet nolak, tapi karena takut di sabet pakek pecutan kuda oleh ketua kelas, sandipun nurut. setelah diketahui, ternyata bapaknya ketua kelas itu, pawang kuda di pamulang. sandi di bawa ke lapangan, siswa-siswi ramai menonton sandi yang sedang di adili. “kenapa kamu berbuat seperti itu !?” hardik kepela sekolah. “aku butuh uang pak” jelas sandi. “untuk apa !!!?”. “untuk…..” kata-kata sandi terhenti ketika melihat rina dengan raut muka ketakutan. “untuk apa hah !!?” ‘GEPLOKK’ sandi di tampol kepsek. sandi merunduk, dari mulutnya keluar darah. gue salut banget sama sandi, demi cintanya pada rina, sandi rela berkorban. di pilihan ganda yang C. mengajarkan kita untuk ‘berani berkorban demi cinta’ asoy.

d. kamu pakai saja uangmu dulu kamukan bendaharanya. si sandi bego kali ya? si rina kan suka banget sama SuJu(super junior). pastinya, dia ngabisin uang jajan untuk beli tabloid yang ada SuJunya. pas Justin Bieber ke Indonesia ajah si rina juga bohong ama ortunya. dia bilang begini “mah, aku berhasil terpilih jadi wakil Indonesia ke perancis di kejuaraan catur internasional”. “wahh kamu pinter banget ! mamah bangga”. “iya mah tapi ,…” si rina pasang muka melas. “tapi apa rin ?”. “aku butuh 10juta untuk kebutuhan disana”. tanpa mikir panjang mamahnya setuju “okeh ! mamah siapin untuk kamu 10juta”. keesokkan harinya setelah pulang sekolah si rina kebingungan. “mah koq barang-barang ada di luar semua ?”. “iya untuk kamu ke perancis, mamah udah jual rumah, nih 10juta buat kamu”. tanpa mempedulikan besok mau tidur dimana, jadilah rina sukses nonton konser Justin Bieber. rina juga mengontrak rumah untuk beberapa hari, biar ketauan abis dari perancis. dia juga meminta temennya yang jago Photoshop, untuk mengedit fotonya dengan latar menara epel.

 e. sudahlah jangan terlalu dipikirkan, waktunya nanti pasti selesai, lama-lama gue gedek juga sama si sandi. udah ah, gue males ngoment pilihan yang terakhir. harapan gue sih semoga si rina gak jadian sama si sandi.

diantara pilihan ganda itu, gue lebih respek yang ‘a’. kenapa gue pilih ‘a’? feeling ajah itu mah. hahaha.

lanjut. di Try-Out pelajaran Bahasa Inggris. gue gedek banget pas sesi listening. ada bule ngomong gitu di mikrofon yang emang sengaja di puter dari kantor sekolah. gue dan temen-temen yang lain mendengarkan si bule ngebacot gak jelas, bukannya gak jelas cumen kitanya ajah yang gak ngerti. hehehee tapi gue sok-sok ngerti, sampe temen gue nanya dengan muka oon “lam, emang elu ngerti ?”. dengan mantap gue bilang ke dia “ya ngertilah ! gue gituloh” sebenernya sih bingung juga mau ngejawab apaan hehehee. pada akhirnya sesi listening gue nyontek. di soal reading gue juga asbak(asal tebak), temen gue nanya jawaban, akhirnya gue kasih. yaps dengan sukses gue menyeret dia kelubang kesesatan bwahahaha.

keesokkan harinya, hari terakhir Try-Out, pelajaran matematika.
di ruangan yang ngawas si pak ano. di meja gue tergeletak lemas kertas soal dan jawaban. gue diem, sedangkan temen-temen udah mulai bergerak. sampe ketika pak ano berjalan mendekati gue, dan dia duduk di samping gue.


“saya tau kamu pasti gak bisa” pak ano menatap gue dalam-dalam.
“i.i.iya juga sih” gue cengengesan.
pak ano, memberi gue rumus-rumus matematika, oya pak ano ini bukan guru matemaika, dia guru KMM.  rumusnya yang dia kasih gak masuk akal banget, diakhir pemecahan rumus dia bilang “itu sih terserah kamu, yah kalo menurut kamu itu bener, yah itu berarti yang bener”. itusih sama ajah feeling pak. akhirnya gue menggunakan feeling.

seorang temen cewek berkata pelan “ada yang mau gue smsin jawaban gak ?”. temen-temen langsung berseru “gue ! gue ! cepetan kirimin !”. gilee obral contekkan mba !. untung iman gue masih tebal . walaupun soal ini susah, gue akan menyelesaikannya dengan cara gue sendiri. (mentang2gakdimasukkinkenilai)

setelah Try-Out , kita beramai-ramai ikutan workshop di BSI ciputat.
berikut foto-fotonya :







isi workshopnya asik dan bagus banget, motivasi banget deh!.
oya di sesi workshop ada satu video yang bikin gue terharu dan mungkin juga ada yang nangis-nangis.
berikut videonya :



Whatever Will Be, Will Be (Que Sera, Sera)
When I was just a little girl

I asked my mother what will I be

Will I be pretty, will I be rich
Here’s what she said to me

*Que sera, sera

Whatever will be, will be

The future’s not ours to see
Que sera, sera
What will be, will be

When I grew up and fell in love

I asked my sweetheart what lies ahead

Will we have rainbows day after day
Here’s what my sweetheart said

(Repeat *)
Now I have children of my own

They asked their mother what will I be

Will I be handsome, will I be rich
I tell them tenderly

(Repeat *)

seperti yang gue kutip darisini !. Que sera, sera atau ‘apa yang terjadi, terjadilah’ melukiskan seorang wanita yang mengenang kembali masa kanak-kanaknya, ketika ia sering bertanya kepada ibunya tentang kehidupan mendatang, apakah dia akan menikah atau menjadi “wanita cantik” atau “kaya”.
sang ibu menjawab, Que sera , sera , whatever will be , will be , the future not ours to see pesan yang sama yang diberikan anak-anaknya. begitu banyak orang yang menyesali pekerjaannya saat ini. cita-cita tidak tercapai, akibatnya bekerja setengah hati, karena bekerja tidak sesuai dengan yang diinginkan. tuhan tahu bahwa apa yang kita inginkan tidak selalu menjadi yang terbaik untuk kita. tugas kita sebagai manusia adalah sabar dan bersyukur dalam menjalani hidup ini dengan cara yang terbaik. lagu yang cukup sederhana, tapi memiliki makna mendalam. mampu mengajarkan bahwa hidup ini mempunyai aliran yang harmonis sesuai dengan roda kehidupan. semua orang boleh memiliki mimpi. tapi banyak orang yang mengalami kejatuhan akibat tidak mampu menggapai mimpi tersebut.
whatever will be , will be bukan berarti kita harus pasrah. apapun yang terjadi, janganlah terlalu kita pusingkan karena semua ini adalah rahasia Tuhan yang tidak bisa kita bayangkan seperti apa akhirnya. segala sesuatu ada hikmahnya, begitu pula lagu ini. sederhana, tapi mampu memberi saya inspirasi. :)

inspirasi banget nih emang, di sesi terakhir si motivator ternyata jualan buku juga, maksud gue dia nulis buku gitu tentang motivasi, guepun membeli bukunya, buat yang penasaran nih bukunya :


gue juga dapet tanda tangannya :


karena temen-temen pada moto bareng sama si penulis, gue juga ikutan foto bareng :


keesokkan harinya …
pas gue masuk kelas , “Que sera , seraaaaaaaaa…” temen-temen pada nyanyi begituan.
terus yang cewek pada ribut ngebahas workshop kemaren “eh, eh, kemaren lo nangis gak !!? gue nangis tau ! huhuhuuu jadi inget emak di rumah”. “lo minta maap gak ama emak lo ?”. “enggak, abisnya gimanaaaa gituuuu”. “minta maap dong !!!”. “oh okedeh gue nanti pas pulang minta maap”.
lain lagi sama temen gue yang pe’ak, masa dia nyanyinya gini “que sekbol, sekbol” lantas temen-temen pada ketawa. hahahaaa piss temen gue cuma *bercanda.

so, mari kita jalani hidup dengan lebih baik, khususnya buat temen-temen kelas 12. semoga kita semua bisa lulus bareng-bareng 100% ! amiiin.

2 komentar:

  1. wah tau ga nilai try out mtk lo parah bener!!

    BalasHapus
  2. iyeiyeeee tau dh yg ngoreksi .. harusnya mah lu benerin ajah punya gue , hahaha XD

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di www.salaminzaghi.com

Diberdayakan oleh Blogger.