Minggu, 05 Februari 2012

Balada Try-Out Tossaka8th


minggu ini banyak sekali pilihan, pilihan gue ada 3:
- ngisi acara di depok
- foto BTS kelas
- try-out tossaka

gue harus bisa memilih 1 dari 3 pilihan di atas, bagi gue pilihan-pilihan itu cukup penting seperti:
ngisi acara di depok. jelas ini penting. hasil nyakan juga untuk kebutuhan keluarga, bayaran sekolah, dan segala macem. ibu juga mengandalkan gue untuk ngejalanin ini semua, disini gue harus berfikir dewasa.
foto BTS kelas. temen-temen kelas gue udah pada rame ngebahas BTS (Buku Tahunan Sekolah). jadi mereka berencana mengambil lokasi pemotretan di taman kota. gue sendiri dikasih peran jadi tentara di foto itu. karena ini untuk kenang-kenangan, wali kelas menyarankan kalo semuanya harus dateng. disini gue berfikir tentang kebersamaan/solidaritas.
try-out tossaka. gue dapet info kalo di sman2tangsel ada try-out tossaka , semacam try-out SNMPTN. gue pengen banget ikutan try-out, untuk mengetes kemampuan gue dalam mengerjakan soal.yah  demi UI, yap ! demi sistem informasi UI. disini gue memikirkan masa depan.

ketiga pilihan itu terus menuntut gue :
“salam, minggu kamu main di depok yah” kata ibu sambil menulis agenda acara.
“woi lo semua, hari minggu dateng ya ! eh tentara dateng lo !” kata temen gue nunjuk-nunjuk sotoy.
“salam try-outnya hari minggu, jangan lupa” kata ulfa, temen gue di sma.

yap, semuanya membutuhkan gue. gue diem dan mulai berfikir, manakah yang harus gue pilih. semua ini waktunya bersamaan, hari minggu. 2 dari 3 diantaranya terpaksa harus ada yang gue cancel.


1. Berfikir dewasa. jelas . gue bukan anak kecil lagi men, setelah selesai acara ada ajah orang yang terkagum-kagum dan bilang “wah kamu masih muda, pinter yah udah bisa cari uang”. yap, disinilah posisi gue, posisi dimana mungkin sudah seharusnya gue menggantikan posisi ortu.

2. Kebersamaan. ini bakal jadi tahun terakhir gue dan temen-temen belajar di sekolah. kita udah temenan hampir 3 tahun, ketawa bareng-bareng, gila bareng-bareng, dapet nilai bagus bareng-bareng (setelah diketahui kalo kita pada nyontek bareng), makan ketoprak bareng-bareng, ngerjain pr bareng-bareng, dan banyak kenangan lainnya dan itulah kebersamaan kita. dan gue sangat bahagia bisa kenal dengan kalian.

3. Masa depan. semua orang punya mimpi, begitu juga gue. bagi gue mimpi bukanlah hanya sekedar bunga tidur, mimpi adalah suatu gambaran dimana gue harus bisa merealisasikan karya itu di kehidupan nyata. yap, mimpi gue ialah bisa masuk UI. gue pasti bisa ! semangat itu udah mengalir deras di setiap peredaran darah gue.

setelah memikirkan dengan matang, gue memilih ikut try-out tossaka dan memilih masa depan. sore itu, di dapur, gue berkata mantap pada ibu “bu, aku gak bisa hari minggu, aku ada try-out” . “loh kok gak bisa ? jadi nyuruh siapa dong” ibu sedikit kaget. “iya, minggu aku ada try-out” gue mengulang lagi. ibu diam sebentar, lalu mengambil handphonenya “aduh nyuruh siapa lagi nih” gundah ibu sambil memencet-mencet keypad handphonenya. gue diem sebentar, lalu meninggalkannya. maafin aku bu.

di sekolah. saat pelajaran b.inggris yang diajarkan oleh bu tin(wali kelas). disela-sela mengajarnya beliau membahas tentan BTS. “jadi fix ya besok hari minggu kita ketaman kota” kata bu tin. “yang gak bisa siapa ?” bu tin melanjutkan. gue mengangkat tangan, temen-temen dan bu tin langsung mengarahkan pandangannya ke gue. “iya kamu kenapa lam ?” tanya bu tin. mencoba untuk tidak cengar-cengir gue menjawab “minggu aku ada try-out bu”. “try-out apaan sih lam ?” temen gue nyamber. “try-out snmptn” kata gue. “ahh udah ngapain sih lo ikut-ikut gituan, gak penting juga kali” samber temen gue yang lain. ucapannya yang terakhir nancep banget. gue ngeliatin dia, temen gue yang barusan ngomong itu. gue yang lagi ngeliatin dia, ditanya lagi sama bu tin. bu tin sangat menyesali keputusan gue yang tidak ikut serta dalam foto BTS.

gue merasa gak enakkan sama mereka. pas istirahat, “lam lo kenapa gak ikut ?” tanya putri temen sekelas gue. “gue ada try-out put” jawab gue. “try-out apaan sih ? mending lo ikut ke taman kota ajah”. “gak bisa put, gue musti ikut try-out”. “ahh egois lu !” ketus putri. gue diem, putri beranjak meninggalkan gue.

di rumah. “ahh nyuruh siapa lagi ya ?” resah ibu mencari kontak yang dapat dihubungi untuk menggantikan gue. mungkin apa kata putri bener, gue egois. gue berfikir ulang, manakah yang harus gue pilih. gue butuh solusi. besok ada pelajaran b.inggris, semoga gue dapat titik terang antara gue, wali kelas , dan temen-temen.

keesokkan harinya saat pelajaran b.inggris. temen-temen terus menghujat gue “ahh men gak asik kalo lo gak ada mah”. “tau tuh anak, try-out di sekolahankan jadi”. “kemaren lo dah try-out lam”. “salam-salam ckckck”. “eh lo anak kelas sini ato bukan? masa lo gak ada di fotonya”. “udah-udahhh !” bu tin merelai. “oke jadi besok minggu, kita foto sekelas gak ada salam yahh” kata bu tin. “wuuuuuuu” kompak temen-temen memonyongkan bibirnya. “beneran nih gapapa lam?” tanya bu tin pada gue. “oh gapapa bu no problem” jawab gue. “udah biarin si salam gak ikut , kan fotonya bisa di edit” kata fadhil temen sebangku gue. “wahh bener banget tuh ! di edit ! ya di edit !” bu tin menimpali. “oke salam, kamu fotonya nyusul aja ya” saran bu tin. guepun menganguk.
 

 jadi solusinya: gue fotonya nyusul dan foto gue itu bakal di crop, lalu di gabungin sama foto anak-anak yang lain. gapapalah yang penting masalah BTS udah selesai.

dirumah. gue bertanya pada ibu, “bu jadi siapa yang main gantiin aku ?”. sambil motongin cabe ibu menjawab “udah kamu try-out ajah, orang yang gantiin kamu udah ibu kontekkin”. sip. udah ada yang gantiin gue untuk acara yang di depok. sekarang gue fokus ke try-out tossaka.

siang itu di sekolah. sehabis dari toilet, gue melewati kelas 12ips. dikelas itu ada kakak-kakak mahasiswa beralmamater kuning. karena penasaran guepun mengintip dari balik jendela. setelah gue amati lebih teliti, gue meresa kenal dengan lambang yang ada di almamaternya dan ternyata mereka mahasiswa UI. mengetahui hal itu gue buru-buru capcus ke kelas, berharap kakak-kakak itu juga ke kelas gue.
setelah menunggu sekian lama, sampai-sampai jam pelajaran terkahir hampir usai, kakak-kakak yang gue harapkan tadi tak kunjung datang. gue keluar kelas dan mendapati mereka(kakak-kakak itu) udah siap-siap mau balik. ahh sial.

sepulangnya dari sekolah, gue menemui ulfa anak 12ipa. “eh salam nih tiket lo” ulfa menjulurkan secarik kertas pada gue. gue menerimanya dan akhirnya tiket try-out tossaka sudah di tangan! yeahh!. “eh lam..” kata ulfa menyadarkan lamunan gue. “apaan ?”. “nih pesenan lo” ulfa memberikan plastik yang isinya lumayan tebel. “apaan nih ?” gue mempertanyakan isi plastik itu. “itu buku-buku ipa” kata ulfa. gilee, buku-bukunya tebel men. apaan nih fisika ? kimia ? biologi ? uohhhhhh !!?!?!?!

malamnya sebelum try-out tossaka yaitu malam minggu, gue mulai belajar. pertama gue buka buku fisika, lalu buku kimia, terus buku biologi, setelah itu idung gue keluar darah. gileee, secara gue anak teknik dan bukan anak ipa!. ada sih pelajaran ipa, ipa terpadu, cumen gak sampe ke fisika, kimia, biologi. arrrghhhh !!!*jeritananakteknikyangpelajaranipanyalevelstandar*
 

 gue sms ulfa: ‘ul gile, buku lu, sumph gk ngrti gue !’
ulfa bales: ‘hahahaa, botak2 dh lu , palagi kimia’
gue bales: ‘ul, gue boleh bakar buku lu gak ?’
ulfa bales: ‘buku gue knp2 , gue bejek2 lu’
gue bales : ‘gu,gue becanda doang tadi =.=’
 

sumpah gue gak ngerti, padahal gue udah nyiapin minyak tanah, cumen karena gue takut di bejek-bejek sama si ulfa, niat itu gue urungkan .


keesokkan harinya, tepat tanggal 05-feb-2012. gue pergi ke sman2tangsel. gileee, rame bener anak-anak sma yang pada ikutan try-out. gue ajah pas di jalan mau ke lokasi(sman2tangsel) ditanya-tanya sama om supir angkot “de, ada apaan sih ? kok dari tadi banyak amat yang nanyain sman2tangsel”. guepun jawab “oh iya bang ada ujian”. tepat di depan tong sampah gue ngeliat ulfa dan nisken, guepun menghampiri mereka. aneh juga sih kenapa mereka malah nungguin gue di depan tong sampah, sedangkan anak-anak sma yang lain pada nunggu temennya di parkiran motor ato gak di teras sma. tapi ini …., ahh yasudahlah. “segini doang dari dosqi ?” tanya gue pada ulfa dan nisken. mereka cuma ngangguk-ngangguk. beberapa menit kemudian si sahrul dateng. jadilah kita berempat dari dosqi yang ikutan try-out tossaka, yang sama-sama berambisi bisa kuliah di UI.

sekitar pukul 08.00 wib, try-outpun dimulai. gue ngambil soal ipa, niskes ipa, ulfa ips, sahrul ipc. gue seruang dengan nisken, mejanya nisken tepat di depan meja gue. soal pertama ialah TPA (Test Potensi Akademik). dalam mengerjakan soal, gue memilih untuk tidak menengok kesegala arah, kalo gue maen tengok, maka habislah gue di curigai sebagai pecontek.  sebab panitia yang ngawas di ruangan gue bilang “ada beberapa kemungkinan kalo skor kamu gak nongol di website nanti ialah, kamu ketauan nyontek, dan data kamu gak valid”. tanpa bermaksud untuk mencontek apalagi nanti skor gak nongol di website tossaka, gue lebih memilih diem dan mengerjakan soal sejadi-jadinya.

soal pertama selesai. setelah istirahat beberapa menit, lanjut soal kedua yaitu KEMAMPUAN DASAR: Matematika, B.indonesia, B.inggris. sama seperti yang pertama, gue mengerjakan soal itu sejadi-jadinya.

setelah soal kedua selesai, kami beramai-ramai di giring ke aula sman2tangsel. disana panitia mahasiswa UI, ngadain games gitu. si sahrul maju bersama anak sma yang lain, terus dia ketawa-tawa, eh pas sahrul ketawa-tawa si ulfa nepuk-nepuk  gue dan nisken dan bilang “eh, eh, gak kenal yah! gak kenal!” hehehehee..


gak kenal ! gak kenal ! hehehe
setelah itu giliran gue maju dan ditanya sama si mc “namanya siapa ? sekolahnya dimana ? mau jurusan apa ?”. dengan penuh semangat gue bilang “nama saya salam, dari sma muhammadiyah 8, saya ingin masuk sistem informasi UI” . si mc langsung heboh “widdiiiiihhhhh sisfo UI, badaii”.

spirit banget.

gue dan anak sma yang maju, disuruh ngegombal gitu. waduh gombal apaan nih! otak gue lagi gak berfungsi dengan baik gara-gara ngerjain soal tadi. “okeh kita mulai dari yang gantengan dikit” si mc memberikan mic ke gue. karna bingung mau ngegombal apaan, gue diem ajah terus cengar-cengir ke anak sma lain yang lagi nonton di bawah. si mc ama panitia yang lain boring juga kali yee nungguin gue ngomong. “wahhh bagus-bagus ! tepuk tangan !!” kata si mc meramaikan keheningan yang gue ciptakan. “wah ini bagus, dia emang gak ngegombal, tapi liat, behhhh, ngegombalnya dalem hati men” lanjut si mc. setelah itu gue turun dan dikasih pin tossaka.


grogi juga
setelah dari aula sman2tangsel, kita dikasih waktu isoma(istirahat,solat,makan). sehabis solat dan makan, kita balik lagi keruangan dan ngerjain soal yang terakhir. soal terakhir yang gue kerjakan adalah KEMAMPUAN IPA. yap disini gue berhadapan dengan MAFIA IPA: MAtematika ipa, FIsika ipa, bIologi ipa, Kimia ipa. semua itu berhasil gue babat sejadi-jadinya hahahahaaa.
setelah mengerjakan soal ipa, kita ngebahas soal dan dikasih kunci jawaban.

hari sudah sore, gue dan yang lain pulang kerumah.
sesampainya gue dirumah. “lam kamu kok pulangnya sore amat ?” tanya ibu, setelah gue menyalami dan mencium tangannya. “iya” singkat gue. “itu emang tes apaan sih ?” tanyanya. “tes perguruan tinggi” jawab gue.
“emang kamu mau masuk mana ?”.
“UI”.
“jurusan ?”.
“sistem informasi”.
“bayar gak tadi ?”.
“bayarlah”.
“bayar berapa ?”.
“27ribu”.
“kamu makan gak ?”.
“makanlah”.
ibu terus bertanya, sedikit kesel juga sih, tapi semua itu gue jawab dengan kenyataan yang ada.

malemnya gue buka twitter. banyak juga ternyata yang ngetwitt tentang try-out tossaka..




guepun juga ikutan ngetwitt.




Doain ya guys, semoga gue bisa masuk sisfo UI!!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di www.salaminzaghi.com