Kamis, 14 Juni 2012

Balada SNMPTN 2012

Akhirnya masa-masa itu telah selesai, masa dimana saya dan teman-teman berjuang, bersaing, dan berkompetisi. Selama dua hari ajang itu berlangsung  ajang tahunan yang menyaring siswa-siswi se-indonesia untuk berkesempatan kuliah di Perguruan Tinggi Negri, SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negri) namanya.

Saya mengikuti ajang ini, mungkin saya siswa satu-satunya disekolah saya berasal yang mengikuti tes ini. Kebanyakan dari teman saya di SMK memilih untuk bekerja dan sebagian tidak banyak memilih untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi  Beberapa sahabat saya sudah ada yang mendaftar di universitas.
 

Sekitar dua bulan yang lalu, tepatnya setelah UN. Saya memutuskan untuk ikut SNMPTN. Kendala yang saya dapatkan saat itu adalah memilih jurusan. Yup, memilih jurusan adalah hal yang penting, jurusan itulah yang nantinya akan mengubah jalan hidup kita, cara hidup kita (ceileh). Karena di SMK saya memilih jurusan yang berbau IT, saya memutuskan untuk melanjutkan ilmu yang saya dapat disekolah ke perguruan tinggi.

inilah pilihan saya :
1. Sistem Informasi UI
2. Sistem Informasi UIN
3. Ilmu Administrasi Negara UI
 

Pilihan pertama dan kedua, Sistem Informasi UI dan Sistem Informasi UIN, jurusan yang sama. Sedikit yang saya bisa jelaskan, Sistem Informasi adalah jurusan yang lebih menekankan pada pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dalam suatu organisasi. Lapangan pekerjaan: sistem analisis, manager, konsultan, auditor, peneliti, pengembangan web, administrator database, administrator networking dan software angineer pada instansi pemerintah, perusaan IT, perbankan .

Untuk pilihan yang terakhir itu, mungkin agak berbeda ya sama IT. Yupz jurusan Ilmu Administrasi Negara UI. Sedikit yang bisa saya jelaskan, Administrasi Negara adalah program studi yang mempelajari tentang aktivitas pemerintah suatu Negara untuk mengelola dan memproses suatu informasi dan membuat kebijakan yang bertujuan untuk dapat mengembangkan negaranya. Lapangan kerja : Depdagri, Deplu, Bank Indonesia, Pemda, Bappenas, Bappeda, BUMN, BPS, peneliti, pengajar, dan lain-lain . biasanya ditempatkan sebagai administrasi personalia, staf kepegawaian, policy maker.
 

Persiapan saya ketika menjelang SNMPTN adalah berlatih mengerjakan soal. Sedikit catatan, saya bukanlah siswa SMA melainkan SMK. Jelas sekali saya tidak menguasai materi-materi seperti kimia, fisika, biologi, matematika ipa. Atau ekonomi, sosiologi, geografi, sejarah. Sedangkan yang saya dapati di SMK hanyalah ipa terpadu dan ips terpadu yang mempelajari hanya dasar-dasarnya saja.
 

Tapi, saya tidak patah semangat!. Akhirnya saya membeli buku yang berisikan soal-soal SNMPTN.  saya Mendekati hari H. Saya pergi ke Bank lalu saya registrasi di web SNMPTN. Hingga waktu yang dinantikan hampir tiba. Sehari sebelum ujian, saya survey lokasi di daerah pancoran, tepatnya SMAN 55 Pancoran, jaksel. Saya minta ditemani kakak @firmanalamin, sekalian saya menghapal rute jalannya ke lokasi.

Dan hari H pun tiba #JengJengJeng!!!.

Saya bangun sekitar jam4an, lalu saya membangunkan ibu untuk segera membuatkan sarapan. Saya mandi setelah itu saya shalat subuh. Kemudian saya sarapan lalu bersiap-siap. Awalnya saya ingin berangkat sendiri, tapi abang takut sayanya nyasar. Yasudah jadilah saya diantar abang ke lokasi naik motornya. Tidak lupa saya minta di doakan oleh ibu untuk kesuksesan saya dalam menjawab soal.

Sesampainya dilokasi, saya duduk-duduk didepan ruang 15. Ruang 15 ialah ruang saya. Pagi-pagi sekali sudah banyak yang datang. Saya menyempatkan waktu untuk kembali membaca buku dan memahami soal-soal.

suasana SNMPTN di SMAN 55 Pancoran , Jaksel

Dan belpun berbunyi, saya masuk keruangan. Jam pertama adalah TPA (Tes Potensi Akademik). Lumayan gampang susah tapi, saya berhasil mengerjakan 62soal dari 75soal dan 60menit menit waktu yang diberikan. Wuhh mesti mikir cepat dan tidak boleh asal-asalan, sebab betul: +4 , gak diisi : 0 , salah : -1. 

Behhhh.


Setelah jam pertama selesai, kita diberi waktu istirahat. Setelah itu masuk lagi di jam kedua yaitu KD (krisdayanti Kemampuan Dasar) Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Belpun berbunyi, kitapun keluar kelas lalu pulang kerumah masing-masing. Saya pulang naik angkutan.
 

Keesokkan harinya, di hari kedua ujian, saya memutuskan untuk bawa motor. Saya tidak ingin repot naik angkutan, sebab roda dua bisa dimainin (nyelip-nyelip) dikala macet itung-itung menghemat waktu. Sesampainya saya disana, saya langsung membaca buku hingga bel berbunyi. Di jam pertama ialah Kemampuan IPA. Bagi saya ini menakutkan, tapi saya berhasil mengerjakannya. Di jam kedua/terakhir ialah IPS. Di IPS saya mengerjakannya dengan total, tidak ada satupun yang tersisa.


soal-soal IPC SNMPTN 2012

Demikian cerita saya di SNMPTN 2012, semoga lulus dan mendapatkan yang terbaik  .

2 komentar:

Terima kasih sudah berkunjung di www.salaminzaghi.com

SALAMINZAGHI ON INSTAGRAM