Selasa, 04 Maret 2014

Layangan Oh Layangan... [part 2]

sesuai janji, gue bakal apdet lagi tentang hobby baru gue.. yaitu main Layangan. eh ngemeng - ngemeng keren juga ya ada part 2-nya hahaha :p. oke sebelum gue mulai cerita, ada baiknya (bagi yang belum) baca dulu postingan Layangan Oh Layangan...


sembari jemput adek gue pulang sekolah, gue juga sekalian beli layangan, ditempat biasa (pasar ciputat). anjirr ternyata banyak juga yang beli, ampe ada yang beli sekarung - karung, kayaknya sih mau dijual lagi. "mas mau beli apa ?" tanya si ibu, sambil merapihkan barang daganganya. "itu bu layangan satu" gue menunjuk kardus yang isinya tumpukan layangan. si ibu langsung mempersiapkan yang gue pinta. "nih mas" si ibu menyodorkan seplastik gede yang isinya penuh dengan layangan. "loh kok banyak amat bu, sayakan minta satu" gue heran. "ehh..." si ibu bingung "bilang kek dari tadi" si ibu jadi kesel sendiri. oalahhh, maklum lah lagi banyak borongan jadi error gitu. hihihi piss bu. eh gue malah dikasih dua sama si ibu "bu ini kok dua" gue heran. "udah ambil aja dah sono" hehe yasyudah.

seperti biasa, selepas ashar. gue udah prepare semua, mulai dari benang, layangan, tali kama, tali sempak. semua udah gue persiapkan dengan rapih. oya bagi yang belum tau tali kama, tali kama itu adalah simpul benang yang dihubungkan ke layangan agar bisa terbang. kalo tali sempak adalah ... ah syudahlah. ngapain juga di jelasin -__-"

pas mau keluar rumah, gue ngeliat si pii lagi main sepeda. "eh de".. gue manggil pii. si pii noleh "apa kak". "mau ikut maen layangan gak". "mauuu ayoo kakkk ^^". soal yang kemarin, gue sudah memaafkan pii.

sesampainya di lapangan, gue mulai menjulurkan benang. "kak sini kak aku yang pegangin" pii minta ambil bagian. nah sekarang gue mulai gedek, pasalnya ni bocah kagak bener megangin layangannya. "de itu yang benerrr" gue gregetan. "yang mana si kakkk" si pii bingung, dia merasa kalo dia megangnya udah bener. "bukan kayak gitu, kaya gini. miring, miriiing" gue memperagakan posisi yang benar dari jauh. "oh gini kak" pii memperagakan dengan gaya yang cerdas, yaitu layangannya dibejek - bejek.

"ahhh gimana si lu" gue menghampiri pii dan merebut layangan dari tangannya, gak lupa gue beri dia satu jitakan. si pii manyun. akhirnya gue lari - larian sendiri buat nerbangin layangan. susah juga ya ternyata kalo sendirian gak ada yang megangin. gue lari sampe ke ujung gawang, ada bocah yang lagi main bola. "eh tong, tolong pegangin dah" gue meminta pertolongan. si bocah nyamperin langsung ngambil layangan dan mundur berapa puluh meter. "siap..?" gue memberi aba - aba. si bocah ngangguk. "LEPAS!!" si bocah melompat dan melepaskan layangan yang dia genggam. gue buru - buru tarik - ulur sambil mundur ke belakang.

wuihh terbang keangkasa cing!

gue terus ulur benang ampe mentok. oya gue bawa benang dua buat disambungin biar panjang. "kaaak pinjeeeeem" si pii mulai deh. bodo amat lah kagak gue pinjemin lagi. tapi buat nyambungin benang ke benang lainnya ribet juga kalo gak ada yang megangin. yaudahlah gue coba. ternyata layangan gue agak singit juga. oke gue mesti fokus. pas mau buka kaleng benang yang baru, tiba - tiba layangan gue nukik tajem dan akhirnya... nyangkut di pohon. pohon yang ada di kuburan.

bocah yang main bola tadi nanya ke gue " bang nyangkut ya". "iya nih" gue gulung - gulung benang. si pii lewat sambil naek sepeda dan dia bilang... "mampos loh syukurin nyangkut". anjirrr pen banget gue tampol ni bocah.


gue terus tarik benangnya, agak nyangkut di atap bengkelnya si lay.

nyangkut
gregetan juga tuh, gue terik, gue paksa. dan.....  tusss. udah gak nyangkut lagi. gue terik terussss. sampai akhirnya layangan gue keliatan di atap. dan.... turun. dan... inilah wujudnya.
































reaksi gue pas liat layangannya jatuh



























anghhhhh (lemes),
































i'm pasrah











yaudahlah mau diapain kalo udah kayak gitu. huft.. gue masih galau gara - gara layangannya ancur. untuk meredakan kegalauan akibat layangan ancur, yaudah gue ikutan bocah ajadah main bola. ngomong - ngomong udah lama juga nih gue gak nendang bola. lagi asiknya maen bola ama bocah - bocah. eh ada bocah yang lainnya lari - larian masuk lapangan, sempet heran juga sih kenapa tuh bocah. eh pas gue liat keatas ternyata mereka lagi ngejar layangan telap. layangan yang mereka kejar nyangsang di pohon pisang yang ada di dalam lapangan. "eh punya gue tuh punya gue!!". "enak aja lu, gue dulu!". "apaan lo gue duluan tuh yang ngejer dari tadi !".


layangan nyangsang dibalik pohon pisang

gue ngeliatin tuh bocah pada rebutan, karena saking tingginya ada yang make kayu buat narik benangnya, sayang gak dapet - dapet. wah ini kayaknya kesempatan gue nih buat dapet layangan baru. akhirnya gue deketin mereka. mereka udah takut gitu pas gue ngedeket, bahkan ada yang bilang "yah yah.. bakal di ambil si abang ini mahh".

"heyy..heyy.. ada apa ini.. ada apa ini..." gue sok dewasa. "ini bang nyangkuttt" kata salah satu bocah sambil nunjuk pohon pisang. gue ngeliat ada benangnya menjuntai gitu. ahh elahh ini mah gue sampe. "bang ambilinn dong baaang". "baaang ambilin bang buat sayaaaa plissss". bocah - bocah pada ngerayu gue. ishh gak mempan layaww.







akhirnya gue ikut bepartisipasi, gue melompat dan...



hap! dapat men!!!
gue coba tarik ternyata keras juga tuh. dan akhirnya..... tusss... benangnya putus. tapi layangannya nyangkut. "yahhh baaaang" semuanya pada lemes. akhirnya kita semua duduk lesehan, istirahat sebentar.

wah ternyata di sebelah sana ada yang lagi ngadu layangan, bocah - bocah langsung pada berdiri. nih kayaknya mereka udah siap banget rebutan layangan telap. gue masih duduk sambil liatin dan.....tusss. salah satu dari dua layangan itu telap. bocah - bocah langsung berhamburan mengerjar itu layangan.

gue langsung berdiri. gue liatin arah kemana layangan itu telap, wah ternyata mengarah ke warung tekcon. akhirnya gue juga ikutan ngejer, pas sampe depan kuburan, tepat di depan bengkel si lay gue tiba - tiba berhenti gara - gara ada bocah cewek ngeliatin gue dengan pandangan jijay gitu, yang seolah berkata "idihhh dah gede masih aja ngejer layangan".





















guepun puter balik ke lapangan. dan... pulang.

0 comments:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung di www.salaminzaghi.com

SALAMINZAGHI ON INSTAGRAM