Jumat, 04 September 2015

Balada UAS Semester 5

Hari Senin. Jam pertama adalah Matkul Pemrograman 1, matkul gue ngulang gara-gara kegep nonton Doraemon. Di matkul ini kita gak ngerjain soal, melainkan cuma presentasi program yang ada di dalam cd project yang udah dibuat. Yang ngeribetin lagi sih, ini pake cover segala. Sebenarnya sih simpel, tapi tukang potokopiannya yang susah cari yang bisa ngeprint cover cd. Beberapa hari sebelum UAS, minggunya gue kliyengan cari tempat fotokopi yang bisa ngeprint cd cover. Akhirnya gue bawa aja cd gue apa adanya, dan tempat cd gue warnanya putih (disuruhnya warna hitam). 

"Baiklah, cdnya dikumpulin kedepan" kata Dosen. Gue maju kedepan. "Maaf Bu, saya susah cari covernya" kata gue sambil menyodorkan cd. "Gak! Gak bisa! Kan beberapa minggu kemarin udah dibilang pake cover, ini tempatnya juga harus warna hitam" Dosen menolak cd gue. "Mmm.. Yaudah Bu, saya cari dulu deh untuk cover, sama tempat cdnya. Saya boleh keluar Bu?" Gue memohon. "Oh, yaudah silahkan. Sampai jam sembilan ya".

Gue langsung kebawah. Ngider-ngider cari tempat potokopian yang bisa ngerjain cover sama yang ada tempat cdnya. Alhamdulillah, gue dapat tempat potokopian yang ada tempat cdnya warna hitam, tapi dia gak bisa bikin cover cd. Guepun ngider lagi. Sampailah gue kesebuah warnet yang di suggest sama tukang potokopian yang ada di depannya.

"Mba, bisa bikin cover cd?" tanya gue, sambil mengeluarkan cd dari saku almamater yang gue pakai. "Bisa Mas!" kata si Mba operator warnet. Gue duduk di sebelah Mba. Si Mba mulai mengotak-ngatik, menyetting layout yang pas buat bikin cover cd. "Mmmm.. Mas tunggu dulu ya, soalnya yang bisa ngerjain ini belum dateng. Sebentar lagi paling". Si Mba gak bisa, dan gue disuruh nunggu. "Yaaahhh" gue lemas. "Emang buru-buru ya?" tanyanya. "Iya" jawab gue, bete.

Guepun ditinggal sama si Mba, soalnya dia mau jaga di fotokopi sebelah. Gue disuruh nunggu sampai jam setengah sembilan, katanya orangnya datang jam segitu. Gue melihat handphone, jam sudah menunjukkan pukul delapan lewat dua puluh menit.

Juju tiba-tiba BBM gue, nanya posisi gue sekarang dimana.  Gue membalas, gue ada di warnet depan fotokopi pratama. Karena bete, akhirnya gue keluar dari warnet. Pas gue membuka pintu, Juju sama Rian sudah ada di depan mata gue. "Gimana Lam?" tanya Rian. "Nunggu orangnya dulu yang bisa" jawab gue. Ternyata Juju dan Rian juga ditolak cdnya.

Kamipun ngider cari tempat potokopian yang bisa bikin cover cd. Beberapa bilang bisa, tapi cdnya harus ditinggal. Orang buru-buru, yaudahlah cari lagi. Sampailah kami kesebuah tempat potokopian yang kelihatannya baru buka. "Bang, bisa ngeprint cover cd, gak?" tanya Rian. "Bisa, tapi saya gak punya kertasnya" jawab si Abang. "Saya ada nih, Bang!" Rian mengeluarkan kertas printan dari tasnya.

Kami akhirnya memulai eksperimen membuat cover cd. Percobaan demi percobaan dilalui dengan ngeprint di kertas kosong. Semua ini dilakukan karena si Abangnya belum pernah ngeprint cd cover, tapi dia punya settingan defaultnya. Tapi... Tetap aja sih gak ngepas. Untung pake kertas kosong dulu.

Akhirnya eksperimen sukses. Kami kelar bikin cover tepat pukul sembilan. "Lam gimana nih!?" Rian mulai panik. "Yaudah kita ke kelas, yuk!" gue mengambil langkah, kemudian Juju dan Rian mengikuti gue. Sesampainya di kelas. "Bu, ini saya yang tadi. Udah selesai nih!" gue menyodorkan cd ke Dosen dengan napas yang masih ngos-ngosan. "Oh, kamu Salam ya. Yaudah duduk, tapi kamu presentasinya nanti ya terakhir" Kata Dosen. Gue melihat sekeliling kelas. Ini mahasiswanya bukan kelasan gue, berarti ini udah ganti kelas. Ganti jam! "Lam, kita ada TRO ini!" Rian memperingatkan gue kalo saat ini UAS matkul TRO udah mulai. "Bentrok Lam!" Juju menambahkan. Oh Shittt. "Maaf Bu, saya ikut jam ke empat aja ya, sekarang sama jam ketiga saya masih ada kelas" gue minta mangap maaf. "Oh, yaudah" kata Dosen, datar. "Mmm.. Ibu gak kemana-mana kan?" tanya Rian yang gak mau kehilangan Dosen di jam ke empat. "Paling saya di kelas sebelah, kalo gak sebelahnya lagi" jawab Dosen sambil menunjuk arah kelas sebelah. Kamipun move ke ruang 502. UAS TRO dimulai.

Asli. Gue sama sekali gak belajar. Malam sebelum UAS (malam senin), jam sepuluh malam gue baru balik kerja. Buka laptop bentar, ngerapihin projek program, terus di burning ke cd, matiin laptop, tidur. Udah, gitu. Tadinya pengin gue hajar abis-abisan sampe subuh, cumen gue mikir lagi, besok bisa gak ya gue bangun pagi-pagi, atau kalopun gue bangun pagi, atau gak tidur, mungkin gue jadi Zombie cacingan di kampus.

Lanjut. Sebenarnya gue ora mudeng sama matkul TRO. TRO itu kepanjangan dari Teknik Riset Operasional. Belajarnya sih tentang nganalisa data gitu. Awal-awalnya gue ngerti, besok-besoknya gue ngeblank. Yang gawatnya di UAS ini, gue sama sekali gak ngerjain tugasnya. Gue masih ingat dua minggu yang lalu Dosennya ngasih tugas. Gak nanggung, kami dikasih empat kasus! Ditempat kerja gue udah niatin, "Tar malem ngerjain nyicil tugas TRO ah". Sampai rumah, gue langsung tepar. Niatan itu hanya jadi niatan. Gak gue kerjain. Beberapa hari sebelumnya gue dapet materi sama rumusnya buat ngerjain nih tugas. Namun, seperti yang barusan gue bilang. Niatan itu hanya jadi niatan, dan gak gue kerjain. Capek karena abis kerja selalu jadi alibi gue.

30 menit telah berlalu. Kertas jawaban TRO gue masih kosong. Gue ngeliat kanan-kiri, temen-temen gue pada bawa tugasnya dan mereka ngeliat rumusnya disana. Ternyata tugas yang mereka kerjakan memakan kertas portofolio sebanyak empat lembar. Ruar biasa. Gue mengeluarkan buku catatan dari tas. Cuma ini clue yang gue punya.

1 jam kemudian. "Ayoo segera kumpulkan!" kata Dosen, di depan. Gue ngerjain sejadinya aja. "Eh, tugasnya di kumpulin gak ya?" temen gue berbisik. "Ssstt!! Udah biarin aja" balas gue sambil geleng panik. Tiba-tiba... "PAK TUGASNYA DIKUMPULIN !?" tanya temen gue sambil setengah teriak. Tiba-tiba petir menyambar. Mampuslah gue. Entah kenapa orang dengan spesies kayak gini selalu ada di setiap kelas. "Udahlah gak usah" jawab Dosen.

Cakep lu Pak!

Di jam ke tiga ada matkul APS. Di matkul ini juga ada tugasnya. Cumen gue ngerjainnya cuma setengah. Maklum, Kerja juga saya. Karena Dosen APS berbeda dengan Dosen TRO yang baik hati ngelupain tugasnya, Dosen ini gak mau tau, harus dikumpulin. Yaudah, gue ngumpulin seadanya aja.

Di jam ke empat. Gue, Juju, dan Rian balik lagi ke lantai enam buat ngejar matkul Pemrograman 1 yang sempat ketinggalan tadi. Kami langsung ketemu sama Dosennya. Kelas baru aja berganti dan mahasiswa penghuni kelas yang asli pada gak tau kemana. Yaudah, gue minta presentasi duluan. Alhamdulillah, semua berjalan lancar. Kemudian gue pamitan sama Juju, Rian, dan tidak lupa Dosen tercintah. Lalu aku kembali bekerja~


Hari Selasa.  Gue datang telat. Padahal masuk jam sembilan, padahal rumah deket. Ya, karena gue datangnya telat, gue jadi duduk di depan. UAS TBO bener-bener mabokin. Gue sama sekali kagak belajar. Di matkul ini ada E-Learning, jadi kami belajar lewat internet dan hanya berlangsung saat bulan puasa kemarin. Gue ikutan E-Learning cuma login doang abis itu gue logout. Tugasnya juga gak gue kerjain. Ini sebenarnya gue niat kuliah apa kagak sih.

Untung gue masih ingat metode-metode apa aja yang dipakai di TBO. By the way, yang ngajar matkul ini Dosen gue yang waktu itu pernah bilang sayang ke gue ♥.

UAS selanjutnya adalah makul Pemrograman Web 1 mulainya jam dua belas. Karena masih lama, satu setengah jam lagi, temen-temen sekelas pada mencar. Arya ketua kelas gue, ngajakin untuk ngikut UAS Pemrograman Web 1 di kelas sebelah. Dia gak bisa kalo ikut yang jam dua belas, soalnya dia kerja juga. Akhirnya gue dan Arya coba ikut ke kelas sebelah. Kami berdua ngomong ke Dosen supaya diizinkan ikut UAS di jam setengah sebelas. Dan.. Ditolak.

Terpaksa kami ikut jam dua belas. Waktu yang sangat mepet untuk yang langsung kerja.

Tepat jam dua belas, teng. UAS Pemrograman Web 1, dimulai. UASnya cuma ngumpulin project web sama ngegambar tampilan web yang udah dibikin di kertas. Cuma butuh waktu lima belas menit, gue udah selesai dam buru-buru pamit.

Hari Rabu. Belajar dari hari kemarin, gue gak mau telat. Gue Datang gak lebih awal-awal banget sih. Masuk jam tujuh tigapuluh, gue datang jam tujuh duapuluh. Kursi masih banyak yang kosong. Gue langsung ambi posisi paling belakang. Cakep. Sepuluh menit kemudian UAS POB dimulai.

Dosen membagikan lembar soal dan jawaban. "Itu yang di belakang, isi dulu kursinya yang di depan" Dosen nunjuk gue dan beberapa temen gue yang duduk paling belakang. Temen gue pada maju ke depan, gue masih stay di belakang. "Hey kamu! Ayo duduk depan!" Dosen nunjuk gue sambil melotot. "Maju Lam~" seru temen-temen. "Iye-iyeee" dumel gue. Sue banget. Temen-temen gue yang baru pada datang langsung ambil kertas soal dan jawaban. Beberapa diantaranya duduk di belakang, tempat gue tadi.

"Oke, tugasnya yang minggu kemarin dikumpulin ya" kata Dosen. Mampus gue belum ngerjain! Temen gue yang lain udah pada ngumpulin. Gue mengambil selembar kertas dari buku binder gue, kemudian buru-buru ngerjain di tengah UAS sedang berlangsung. Dan... Yak di UAS POB gue jadi multitasking. Cakep gak tuh.

Lanjut di jam kedua, UAS Pemrograman 2. UASnya cuma ngumpulin project program dan... ngoding diatas kertas! Greget sekali, Bung!

Hari Kamis. Hari terakhir UAS dengan matkul Basis Data 2 dan Metode Penelitian. Basis Data 2, aman. Gue bisa ngerjain. Metode Penelitian? Gue gak ikut UAS soalnya nilai gue udah ketebak dapat apa. Bukannya apa, gue udah pasti dapet E. Kagak pernah bimbingan, sekalinya mau bimbingan, deadlinenya udah lewat. Ya, beginilah kuliah sambil kerja.

Sukses untuk kita semua :)


Hari senin, kuliah, kampus, kuliah unpam, uas semester unpam, tukang fotokopi kampus, kampus unpam, kuliah di unpam, e-learning unpam, serunhya kuliah di unpam, pemrograman web 1 unpam, universitas pamulang, tugas UAS unpam, mahasiswa unpam, curhatan anak unpam

27 komentar:

  1. Gue juga suka ngerasa pas kuliah sambil kerja--sebelum jadi pengangguran--itu bener-bener capek. Ngerjainnya Jumat malem sampe Sabtu pagi. Bener-bener tidur cuma 2 jam. :(

    Semangat, Lam! Sebentar lagi semester 6.
    Bagus gue nggak pernah minat ngambil jurusan TI ini. Bisa pusing gue. Wakakaka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya memang beginilah yog rasanya hahaha :'D
      tetap semangat!!

      Hapus
  2. Yahh, parah banget kan, gara2 nnton stand by me jd ngulang bgtu.. Haha.
    Kuliah itu ribet sekali yaaahh.. apalagi kuliah sambil kerja.. Hufft:( Kebayang deh capeknya..
    Yaudah, smangat ya kak!! Bentar lg lulus nihh, cieee...

    BalasHapus
  3. gue mah udah berhenti kuliah ga tahan gue ama ribetnya uusan ama dosen dan susah membagi konsentrasi ama kerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul gan. Itu udah jadi resiko gan :D

      Hapus
  4. Waah segitu repotnya ya anak kuliahan. Bikin cover cd aja sampe kesana-kesini.
    Apalagi kuliah sambil kerja ya Lam.
    Semangat, semangat. Harus bisa bagi waktu antara kerja dan kuliah ya :))

    udah semester 5 kok, tetep semangat yaa :)

    BalasHapus
  5. dari awal udah ngakak ditambah closing ada photonya bang Salam jadi tambah ngakak, Mahasiswa Unik, semoga nilai Uasnya tetap Ok, dan ditunggu cerita tentang hasil UASnya besok. Bang Salam besok-besok lagi duduknya jangan dibelakang lagi ya *ahe*

    BalasHapus
  6. Waduh, ada adegan petir menyambar pula..

    Kayak di film2 ya..

    BalasHapus
  7. RIbet yah jadi anak kuliahan sambil kerja hahaha

    Udah pasrah aja Lam dapet nilai E :D

    BalasHapus
  8. Gile ribet amat itu deh. Sadis. :/

    BalasHapus
  9. kuliah kerja emang capek bang :(

    gue merasakannya

    *curcol* :D

    BalasHapus
  10. Duh pemrograman, paling lemah gue ama pemograman, makanya dapet C juga syukur -___-

    BalasHapus
  11. Semoga IP nya memuaskan dan lulus dengan hasil coumlaude

    BalasHapus
  12. kuliah kejam bangggg.....
    kuliah lebih kejam dari ibu tirii :( :( :(

    gilangwidii.blogspot.com

    BalasHapus
  13. Et dah, semangat bro. Btw kerjaa apaan?

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di www.salaminzaghi.com