Kamis, 24 Desember 2015

Pengalamanku Bersama Metromini

metromini blok m, metromini ciputat, metromini pasar rebo, terminal blok m, terminal jatinegara, terminal palmerah, terminal pasar rebo, terminal kalideres, terminal grogol, terminal pondok cabe

Metromini adalah angkutan umum yang beroperasi di daerah Ibukota Jakarta. Metromini saat ini sedang disorot publik akibat ulah sopirnya yang ugal-ugalan sehingga menimbulkan banyak kecelakaan dan tidak sedikit pula yang merenggut korban jiwa. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang biasa dipanggil Ahok sangat marah terhadap aksi ugal-ugalan para sopir metromini yang menggila di jalanan. Beliau memperintahkan jajaran dari dinas terkait untuk menindaklanjuti para metromini yang nakal di jalanan.

Di postingan kali ini gue mau sharing tentang pengalaman gue bersama metromini. Gue mulai sering menggunakan metromini semenjak di sekolah gue tiap semesterannya ngambil nilai pelajaran olahraga di Senayan. Metromini yang kurang beruntung gue naiki adalah metromini koantas bima 102 Ciputat - Tanah Abang, biasa gue nyebutnya "Cepe dua". Janjian jam enam pagi, gue dan teman-teman sekolah menunggu di depan Plaza Ciputat.

Sekiranya semua teman sudah berkumpul, sekitar jam tujuh pagi kami semua berangkat. Bagi gue olahraga ke Senayan bukan hanya sekedar ngambil nilai, di Senayan gue bisa happy-happy bareng sahabat gue, Mulai dari foto-foto alay, jalan-jalan entah kemana, main ke Blok M, nongkrong di pinggir jalan, dan... liatin cewek. Ya, masa itu adalah dimana gue dan para sahabat mempunyai hoby ngeliatin cewek namun gak berani kenalan. Sumpah dulu gue cupu banget. Sekarang.. Masih, sih.

Hari itu gue gak punya firasat apa-apa, yang gue rasain sih, ya, gue happy aja. Gue sebis bareng Dony, Eki, Abi, Bintang, Agil, Paksi, Faksi, Firman, Sarip (Sarip pernah nongol di story: kacang ijo sialan), dan banyak lagi, gue lupa siapa aja. Sambil bernyanyi dan modusin adek kelas, kami beramai-ramai menuju Senayan dengan riang gembira.

koantas bima ciputat, bis koantas bima 102 ciputat - tanah abang, cepe dua, angkot ciputat, metromini ciputat

Sesekali sopir bis mengetem untuk mengangkut penumpang. Gue sebel kalo si sopir ngetemnya lama banget. Cepe dua sudah penuh. Beberapa teman gue ada yang berdiri. Sopir kembali tancap gas. Perjalanan yang awalnya adem-ayem macet cuma sebentar tiba-tiba berubah, si sopir menggila. Sopir membawa bis secara ugal-ugalan. Gue sampai terpental ke kursi seberang tempat gue duduk. Teman gue yang cewek istigfar beberapa kali. Dia ketakutan. Dan sampailah di tingkungan tiba-tiba "DUK!" bis menabrak sesuatu. Bis menabrak abang penjual kue. Gerobaknya kebalik, kuenya berserakan di jalan. Gue dan teman-teman dan penumpang lainnya langsung mungutin kue terus makanin kue itu, lumayan gratis berhamburan keluar. Saat itu TKP langsung ramai. Korban si abang penjual kue terkapar di jalanan. Salah seorang warga menjegat sopir yang hendak kabur, kemudian menariknya keluar. Warga meminta pertanggungjawaban. Akhirnya si korban dimasukkan ke dalam metromini cepe dua dan beberapa warga juga ikut ke dalam. Bersama sopir dan kondekturnya, mereka melaju dan meninggalkan TKP.

Kami para penumpang yang hampir jantungan gara-gara ulah si sopir gila, ditelantarkan begitu saja. "Waduh gimana nih??" Bintang kebingunan atas situasi yang baru saja terjadi. "Yaudah jalan aja yuk, kalo ada mobil lewat, kita naik." Sarip memberi solusi. Kami akhirnya menuruti kata-kata Sarip. Gue dan teman lainnya juga beberapa dedek kelas, jalan kaki menuju Senayan. Yang tau jalan menuju Senayan cuma Sarip dan Eki. Saat itu kami terdampar di daerah Kebayoran Baru, dan dari Kebayoran Baru menuju Senayan itu jaraknya lumayaaaaaan banget, tapi karena saat itu gue gak tau jalan, dan yang tau jalan cuma Sarip dan Eki, jadi, ya kami nurut aja.

"masih jauh Rip?" tanya Bintang, keringetan.
"Bentar lagi." kata Sarip.
"Iya bentar lagi, kok." samber Eki.
Gue duduk sebentar mengikat tali sepatu, kemudian meminum air putih. Tiba-tiba dari arah belakang metromini cepe dua lewat. "WOI! WOI!" Bintang loncat-loncat, supaya si sopir memberhentikan mobilnya, namun metromini itu tetap malaju tidak berhenti. Di dalam metromini itu sudah terisi penuh, sampai ada penumpang yang menggantung di pintu mobil. "Percuma Tang, mobil yang lewat sini pasti udah penuh semua." kata gue, udah hopeless. Gak berapa lama, metromini cepe dua dateng lagi dari belakang. Bintang kembali loncat-loncat. Metromini itu menepi menghampiri kami, namun sayang di dalam sudah terisi penuh, sangat penuh. Yaudahlah gak ada harapan lagi, jalan terus dah sampai Senayan. Tiba-tiba si Abi dan Dony, juga beberapa dedek kelas, langsung lompat ke dalam metromini cepe dua tersebut. Mereka menggantung, dan metromini itu sudah sangat padat.

"AAAAHH!!!" jerit Bintang, penuh penyesalan, "Sempak, gue kalah cepat!" batinnya. 


Sempet gedek juga sama Sarip dan Eki yang sepanjang jalan kalo ditanya masih jauh apa engga, mereka pasti jawab "Bentar lagi, udah deket." padahal mah masih jauh buanget! Matahari semakin tinggi, sekitar jam setengah sepuluh lewat, kami sampai di Senayan. "Darimana aja kalian!? Semua sudah selesai tau! Sudah sana lari!" Kami semua yang baru tiba, kena semprot Guru Olahraga. Kami langsung lari ngiterin GBK tiga putaran. Mampus, mampus dah. Gue tepar.

Pengalaman na'as gue bersama metromini gak cuma sampai disitu. Di semester selanjutnya, kami ke Senayan lagi. Perjalanan menuju Senayan masih tetap sama naik metromini koantas bima cepe dua. Di keberangkatan kami, alhamdulillah tidak ada hal aneh yang terjadi dan si sopirnya gak gila seperti sebelumnya. Sesampainya di Senayan kita langsung lari ngambil nilai. Pulangnya gue misah sama genknya Paksi, gue ada janji sama teman gue yang lain. Kampretnya, teman gue yang satu ini malah ngilang entah kemana. Tai banget. Senayan udah mulai sepi. Pulang ajalah!

Di depan jalan, ternyata gue gak sendiri, ada Pery (Ternyata Pery pernah nongol di story: Kacang Ijo Sialan dan Makhluk Nokturnal) dan Minato di sana. Nama Minato sengaja gue samarkan, sebab di story ini dia yang paling heboh. Tapi lu jangan harap orang yang namannya gue samarkan jadi Minato ini sebenarnya mirip Minato Hokage keempat. Lu Salah. Justru dia lebih mirip Usopp di One Piece.

usopp dan minato, usopp vs naruto, usopp vs minato, usopp dan naruto, meme usopp, usopp lucu

"Woi Salam! Salam!" sahut Minato di ujung sana. Gue langsung berlari ke arah mereka. "Belum balik lu, tadi si Paksi, Dony, udah pada duluan." Kata Pery sambil menghisap rokok kretek. "Udah lu bareng kita aja Lam." tambah Minato. Akhirnya gue ikut mereka. Sekitar dua puluh menit kemudian, akhirnya metromini cepe dua datang. Di dalam metromini cepe dua sepi sekali tidak ada penumpang, penumpangnya cuma kita bertiga. "Sepi banget Bang?" tanya Minato yang duduk di belakang sopir. "Iya nih, De." jawab si Abang, singkat. Gue duduk di tengah, Pery duduk dua kursi di depan gue.

Menikmati perjalanan, gue coba rileks, gue memejamkan mata. Daaaann..... Gedubrak! Sopir ngerem mendadak. Gue loncat ke depan, Pery nyugsruk ke samping, Minato nyangsang ke ketek sopir. Si sopir menggila, ternyata si sopir gila ini baru saja menerobos lampu merah dan polisi langsung ngejer dari belakang! "Per, Per, Polisi Per!!" gue menepuk pundak Pery, gue panik, gue ngeliatin ke belakang terus. "Haha ini baru seru, Lam." kata Pery, santai. "WOHOOO! NGEBUT BANG! NGEBUT! GOKILLL!!!" seru Minato, memberi semangat pada sopir gila.

Astagfirloh, Allahuakbar. Gue nyebut terus. Si Sopir masih ngebut ugal-ugalan. Sudah lebih dari dua kali metrogila ini nerobos lampu merah. Dan kaconya kita hampir nabrak tukang sayur di tingkungan. Kaco banget. Polisi sudah tidak mengejar sebab saat itu sesudah menerobos lampu merah si sopir nembus jalan perumahan, polisinya kejebak macet. Setelah keluar dari perumahan, si sopir masih ugal-ugalan. Gila banget dah. Sepanjang jalan pokoknya gue nyebut terus. Si Minato sama sablengnya kayak si sopir. Si Pery mah tenang-tenang aja.

Alhamdulillah sampai Ciputat. Alhamdulillah gue masih hidup. "HAHA GOKILL GILAA SERU BANGET" seru Minato. "Ahh, goblok lu, gue jantungan ni!" gue mukul Minato. "Hahaha elu Lam cemen banget!" Minato ngakak. Pery ikutan ngakak. "Pokoknya gue ingetin tuh metromini cepe dua yang ada stiker Barcelona, gue bakal naik itu lagi kalo ke Senayan atau kemanapun itu, haha!" tunjuk Manat pada si metromini yang barusan kami naiki tadi. Kalo gue ogah dah naik metromini itu lagi.


Ya begitulah pengalaman gue bersama metromini. 

*Setelah ngubek-ngubek facebook, akhirnya gue nemu foto-foto jaman gue sekolah pas ke Senayan. Alay banget sumvah! Yang mau muntah, silahkan* 

smk muhammadiyah 3 tangsel, smk muhammadiyah 3 tangerang selatan, muhammadiyah ciputat, pemuda muhammadiyah tangsel, ipm smk muhammadiyah 3 tangsel, smk muhammadiyah 3 tangsel ke senayan, olahraga di senayan, jalan-jalan senayan jakarta, senayan
Faksi gede, Gue, Rio, Paksi kecil, Dadan, Anggi, Abi

smk muhammadiyah 3 tangsel, smk muhammadiyah 3 tangerang selatan, muhammadiyah ciputat, pemuda muhammadiyah tangsel, ipm smk muhammadiyah 3 tangsel, smk muhammadiyah 3 tangsel ke senayan, olahraga di senayan, jalan-jalan senayan jakarta, senayan
Pose alay jaman itu haha

smk muhammadiyah 3 tangsel, smk muhammadiyah 3 tangerang selatan, muhammadiyah ciputat, pemuda muhammadiyah tangsel, ipm smk muhammadiyah 3 tangsel, smk muhammadiyah 3 tangsel ke senayan, olahraga di senayan, jalan-jalan senayan jakarta, senayan
Selfie kami kala itu, alay!

smk muhammadiyah 3 tangsel, smk muhammadiyah 3 tangerang selatan, muhammadiyah ciputat, pemuda muhammadiyah tangsel, ipm smk muhammadiyah 3 tangsel, smk muhammadiyah 3 tangsel ke senayan, olahraga di senayan, jalan-jalan senayan jakarta, senayan, alay muhammadiyah, pemuda alay muhammadiyah, dosqi 3, dosqi 3 tangsel, kfc 208
Nunggu cepe dua

smk muhammadiyah 3 tangsel, smk muhammadiyah 3 tangerang selatan, muhammadiyah ciputat, pemuda muhammadiyah tangsel, ipm smk muhammadiyah 3 tangsel, smk muhammadiyah 3 tangsel ke senayan, olahraga di senayan, jalan-jalan senayan jakarta, senayan, alay muhammadiyah, pemuda alay muhammadiyah, dosqi 3, dosqi 3 tangsel, kfc 208, cewek alay, alay tangsel, alay tangerang selatan
Alay lagi bareng cewek alay jaman itu hehe

smk muhammadiyah 3 tangsel, smk muhammadiyah 3 tangerang selatan, muhammadiyah ciputat, pemuda muhammadiyah tangsel, ipm smk muhammadiyah 3 tangsel, smk muhammadiyah 3 tangsel ke senayan, olahraga di senayan, jalan-jalan senayan jakarta, senayan, alay muhammadiyah, pemuda alay muhammadiyah, dosqi 3, dosqi 3 tangsel, kfc 208, angkot 102 ciputat, metromini 102 ciputat, terminal ciputat, bus 102 ciputat
Alay cepe dua
Dari sekian banyak foto alay pas di Senanyan, cuma foto-foto diatas yang lulus sensor KPI hehehe 


*Berikut foto-foto metromini akibat ulah sopir gila*

metromini blok m, metromini ciputat, metromini pasar rebo, terminal blok m, terminal jatinegara, terminal palmerah, terminal pasar rebo, terminal kalideres, terminal grogol, terminal pondok cabe, kecelakaan metromini, musibah metromini, musibah bus, sopir ugal-ugalan, sopir tembak

metromini blok m, metromini ciputat, metromini pasar rebo, terminal blok m, terminal jatinegara, terminal palmerah, terminal pasar rebo, terminal kalideres, terminal grogol, terminal pondok cabe, kecelakaan metromini, musibah metromini, musibah bus, sopir ugal-ugalan, sopir tembak

kecelakaan bus way metromini, metromini blok m, metromini ciputat, metromini pasar rebo, terminal blok m, terminal jatinegara, terminal palmerah, terminal pasar rebo, terminal kalideres, terminal grogol, terminal pondok cabe, kecelakaan metromini, musibah metromini, musibah bus, sopir ugal-ugalan, sopir tembak


Bagaimana menurutmu tentang metromini? Punya pengalaman dengan metromini? Sharing yuk di komentar!


metromini blok m, metromini ciputat, metromini pasar rebo, terminal blok m, terminal jatinegara, terminal palmerah, terminal pasar rebo, terminal kalideres, terminal grogol, terminal pondok cabe, kecelakaan metromini, musibah metromini, musibah bus, sopir ugal-ugalan, sopir tembak, sopir gif, driver gif, crazy gif, driver crazy gif
Huwahhh!!!! *sopir gila*

*pict: Dok pribadi & nyolong di google

32 komentar:

  1. iya tuh skrng metromini lagi disorot banget
    kayaknya tulisan yg dicoret itu beneran dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha gue gak seliar itu kawan :D jajahahaha

      Hapus
  2. Aku sih bukan orang yang tinggal di Jakarta. Tapi aku pernah sih naik metromini. Aku naik biasanya yang 07, 21 sama 47. Alhamdulillah, belum pernah ngerasain yang aneh-aneh.
    Kayaknya supir yang ugal-ugalan gitu teh berbakat ya jadi pemain Anak Jalanan. Heu. Apa sih Ris. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan2 si supir ugal-ugalan itu si Boy :v

      Hapus
  3. itu koantas kan ya, bukan metro mini, warnanya kan kuning bukan orange kayak metromini

    BalasHapus
    Balasan
    1. iye itu koantas, samain ajalah hahaha :D

      Hapus
  4. Baru dua minggu lalu saya ke Jakarta, ketemu sama supir metromini yang lagi mangkal di jalan gatsu. Beuh, ternyata mereka baik2 kok, asalkan diajak asyik aja sambil ngobrol ngaler ngidul. Yah, mungkin alasan sopirnya pada ngebut dan gak peduli keselamtan penumpang, karena penumpangnya enggak peduli sama keadaan sopir yang mungkin di saat itu sedang patah hati. Hahaha... :D

    Salam kenal, bro.
    http://penjajakata.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha mending pdkt sekalian sama si sopir hhehe, salam kenal balik kang :D

      Hapus
  5. Kebetulan saya belum punya pengalaman naik metro mini mas salam, hehehe, tapi kalau mengenai sopir gila emang kudu mendapatkan warning juga tuh ya, soalnya bahayaaa kalau dibiarkan, dan contoh kasusnya udah ada tuh ya, waddduuuu... :)

    BalasHapus
  6. seru banget bsa naik metromini dapet sopir model gitu, aku juga mau naik yang kayak gitu.
    tapi aku bukan orang jakarta.

    BalasHapus
  7. untungnya bukan orang jakarta , tahu ceritanya begini mana mau aku

    BalasHapus
  8. Jauh banget ngambil nilai sampai ke senayan, disana gak ada tempat buat olahraga.

    Ngomongin metromini yang dihentikan aku sih setuju, apalagi sopirnya ugal-ugalan kek gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. adanya pasar, masa nginterin pasar hehehe

      Hapus
  9. Dari artikel ini yang Gue pelajar nama asli Ahok itu Basuki Tjahaja Purnama

    Ekh Lam kenpa si Usop ekh Minato aja yang disamarin, yang lain nama'a gak disamarin? kan kasian dia jadi kurang tenak :v

    Sampe sekarang belum pernah naik metromini, tapi naik bus rasa metromini udah pernah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya nama fia tuh ampir mirip ama minato. Sengaja gue samarin biar keren aja gitulo hehehehe.

      oh jadi bus rasa metromini itu yg supirnya ugal2an gitu yak hadehhhh hehehe

      Hapus
  10. Salam dulu alay tingkat paripurna wkwkwkwk

    Ak juga pernah sih naik metromini, tapi yg aku tumpangi kebetulan sopirnya yg baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lu harus ketemu sopir gila ini ziz, biar greget :D

      Hapus
  11. Sopirnya gilak..
    Jakarta macetnya gitu aprah aja masih ugal-ugalan... apalgi di kota gue yang jalanannya sepi... weh langsung gelar balap formula 1 versi metromini kalik -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. di pantura biasanya juga ada tuh yang ugal-ugalan :D

      Hapus
  12. Suka keselnya juga kalau ada supir yang ugal-ugalan, padahal kan berapa puluh nyawa yang ada di dalam kendaraan

    BalasHapus
  13. Pengalaman yang gak bakalan terlupakan kayaknya nich...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang, gak terlupakan, sekarang aja masih inget haha, ditulis di blog deh :D

      Hapus
  14. Bukannya Metromini sama Koantas beda ya? Errr.. nggak tau deh aslinya. Kalo di daerah gue cuam ada Metromini 84. Tapi gue nggak pernah naik.

    Yang serupa, gue pernah naik KOPAJA. Yap, angkutan paling dicemooh gara-gara mesinnya berisik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda namanya doang dah kayaknya. hahaha tapi kopaja sekarang udah pada beres semua, mobilnya juga bagus ada wifinya, ada jugakan kopaja terintegrasi tranjakarta :D

      Hapus
  15. saya blum pernah naik metromini -_-

    BalasHapus
  16. Salam dari penumpang Metromini 610

    BalasHapus
  17. ngeri banget kalo liat metromini apalagi dibelakangnya ada saingan otomatis ugal ugalan sebenernya mau cari muatan apa mau balapan yah

    BalasHapus
  18. http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1sUU8dl | http://bit.ly/1ZIdBJv | http://bit.ly/1YjeNnK | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1sAwovI | http://bit.ly/1UobCKp | http://bit.ly/1S0ZSYr | http://bit.ly/1ZIehP9 | http://bit.ly/1UL7Ia5 | http://bit.ly/1WKgJqp | http://bit.ly/1YjeNnK |

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di www.salaminzaghi.com