2016, Saatnya Menjaga dan Merawat Bumi

Selasa, Januari 05, 2016
2016, Saatnya Menjaga dan Merawat Bumi, wallpaper happy new year 2016, wallpaper tahun baru 2016, selamat tahun baru 2016, wallpaper 2016, sepatu baru 2016, trend 2016

Sebelumnya mari kita nyalakan kembang api terlebih dahulu untuk merayakan ulang tahun Bumi yang ke 2016. 


Wow, emejing! 

Gila ya, Bumi makin tua aja. Lu bayangin, sekarang umur bumi tuh udah 2016!?!? Belum lagi ditambah sama SM, SEBELUM MASEHI!!!! JAMAN ES!? JAMAN PURBA!? JAMAN DINOSAURUS!? JAMAN HASHIRAMA VS MADARA!? JAMAN NABI ADAM!?

Mungkin umur beliau yang sebenarnya sudah melampaui juta-an tahun. Kita tidak bisa mengibaratkan Bumi seperti seorang manusia tua yang bahkan umur 100 tahun saja tidak banyak yang benar-benar sehat.

Dengan usia setua itu apakah Bumi bisa sakit seperti manusia tua yang hidup lebih dari 100 tahun?

Jawabannya, IYA!

Alam banyak yang rusak, pengundulan dan pembakaran hutan liar, limbah dimana-mana, pencemaran udara oleh polusi, buang sampah sembarangan, tai kuda berserakan di jalanan, dan masih banyak lainnya.

Siapa pelakunya!? Siapa tersangkanya!??

KITA!

Kita melakukannya dengan sadar. Kita menggunakan nafsu yang serakah untuk mengeruk itu semua. Kita melakukannya demi uang.

Tidak jarang Bumi marah dengan kita. Gunung-gunung meletus, gempa-gempa menggoyahkan kota, tsunami menerjang kota dengan ketinggian yang bisa melibihi Monas, longsor yang mengubur desa, angin topan yang menghancurkan ladang hingga sapi ikutan terbang, dan masih banyak lagi.

Sampai kapan kita mau seperti itu. Bukankah suatu saat nanti kamu dan aku akan menikah kemudian mempunyai anak. Kamu pasti tidak mau kan melihat anak kita kesusahan menghirup nafas akibat polusi yang makin akut. Kamu pasti tidak mau kan kalau nanti anak kita kesehatannya terganggu akibat memakan ikan yang terkontaminasi oleh limbah. Kamu pasti tidak mau kan kalau anak kita kepanasan lalu ingin berteduh tetapi tidak ada pohon yang memberi kesejukan. Dan kamu pasti tidak mau kan kalau anak kita sedang bermain bersama temannya lalu jatuh akibat terpeleset tai kuda yang berserakan di jalanan.

Pikirkan itu baik-baik.

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kemungkinan terburuk yang terjadi di masa depan?

Kita belum terlambat.

Kita bisa memulainya dengan melakukan hal-hal baik di lingkungan sekitar. Kita bisa menanam pohon, menggunakan sepeda daripada motor atau kendaraan mesin lainnya untuk ke kantor atau ke sekolah, membuang sampah sembarangan, membersihkan sungai, memberikan popok kepada kuda delman supaya tidak berak di jalanan lagi, dan masih banyak hal-hal positif yang bisa kita lakukan untuk membuat Bumi kita menjadi tempat yang nyaman untuk di huni.

Semoga di tahun 2016 kita semua semakin sadar untuk merawat dan menjaga Bumi menjadi tempat yang nyaman dan layak untuk di huni oleh generasi selanjutnya, yaitu anak dan cucu kita.


Happy New Year!


#NowPlaying Michael Jackson - Earth Song.

53 komentar:

  1. BHANGKAY itu jaman hashirama dibawa2 .. !!
    bumi emang semakin tua aja nih .. nggak kerasa kita udah hidup di jaman2 akhir ..

    kayaknya untuk naek sepeda daripada kendaraan bermotor, susah deh bang .. hmmm miris

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha emang susah sih, mungkin karena di Indonesia itu iklimnya tropis, panas gitu. Jadi masyarakatnya malays untuk bersepeda, beda sama negara di eropa sana.

      Hapus
  2. mang umur bumi udah berapa tahun?
    wah ini gara2 putri kaguya makan buah sembarangan, cell, buu, freiza, negara api
    ayo lestarikan bumi kita, tanam pohon, jual mobil motor, kembali jalan kaki!

    BalasHapus
  3. dari jutaaan tahun umur bumi.. dirusak oleh beberapa ribu tahun manusia di bumi... met 2016

    BalasHapus
  4. dari jutaaan tahun umur bumi.. dirusak oleh beberapa ribu tahun manusia di bumi... met 2016

    BalasHapus
  5. yg gue fikir hal pertama yg paling ngerusak adalh SAMPAH... tapi pelakunya tetep. Manusia itu sendiri.

    BalasHapus
  6. Duh, gue lebih suka naek motor ke kampus daripada naik sepeda. 7 km lebih mennn!!
    gue lebih khawatir penciuman temen-temen gue pada berabe nanti kalau gue naik sepeda. melawan kerasnya jalanan dan melawan teriknya matahari.

    berangkat bau bdan kayak malaikat sampe kampus bau badang udah kayak sampah organik yang lama nggak diangkut. bruhhh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha emang badan lu aja yang kayak sampah organik huahaha

      Hapus
  7. kalo membuang sampah aku selalu usahakan gak sembarangan. kalo motor masih lebih suka make kalo gak pake motor repot juga, mirip husea itu.

    BalasHapus
  8. Ayo kita Jaga dan rawat Bumi yang semakin kesini semakin Tua

    BalasHapus
  9. Allahu akbar Allahu akbar!!
    Selamatkan Bumi!! Selamatkan Dunia!! Selamatkan Anak-cucu kami!! Selamatkan hari raya Iedul Fitri!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf lahir dan batin (╥﹏╥)

      Hapus
  10. Kok random si... Apa coba hubungan bumi yang semakin tua dengan tai kuda dimana mana.....

    Mungkin kuda kehabisan toilet..

    BalasHapus
  11. Lagi bener nih tulisannya, ngebahas alam dan sekitarnya.

    Iya sih bumi emang sudah tua banget, kayaknya miliaran tahun ada deh. Kita yang sudah dikasih kesempatan untuk bisa tinggal disini harusnya menjaganya bukan merusaknya.

    BalasHapus
  12. Naruto udah tamat juga, itu kenapa Madara masih dibawa-bawa.....

    eh itu hal positif mungkin maksudnya "tidak membuang sampah sembarangan", apa emang mesti membuang sampah sembarangan, ya? kan biar nyamuknya bingung. o_o
    semoga tahun 2016 ini makin membuat semuanya lebih baik... \(^o^)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya gue salah wkwkwkwk tapi gak kebyang kalo membuang sampah itu adalah hal yang positif o(ˆ▽ˆ)-c<°︿°)p

      Hapus
  13. memberikan popok kepada kuda delman supaya tidak berak di jalanan?? Jenius banget ide lu Lam wkwwkwkw :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. sangat jenius *megang dagu, sambil angguk-angguk*

      Hapus
    2. wkwkwk ƪ(^▽^)ʃƪ(^o^)ʃ

      Hapus
  14. buang mantan ke tempat daur ulang juga bisa kan, lam :(
    semoga 2016, makin minim ya berita tentang perusakan bumii, salam lestari~

    BalasHapus
  15. Tahun baru bukannya disedihin malah dirayain. Atuhlah :"

    BalasHapus
  16. MERDEKAA!!!

    wkwkwkwk

    Semoga bumi sehat selalu, panjang umur, dan nggak ada bencana bencana lagi
    Da semoga manusia lebih sadar utk menjaganya

    Amiiinn

    BalasHapus
    Balasan
    1. MERDEKAAAAAAAAAAAAAAA!!!!!!!!!!! ヽ( ・∀・)ノ┌┛Σ(ノ `Д´)ノ

      Hapus
  17. ya masih banyak hal positif yang masih bisa qt lakuin untuk menjaga bumi ini, termasuk masangin popok kuda, ahahaha
    *popoknya beli dimana!!!

    BalasHapus
  18. Beuh, perenungan banget. Yang lain bikin resolusi segala macem buat permulaan awal tahun, lu bikin perenungan lingkungan. TOP-lah! Jadi menteri lingkungan hidup cocok kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk menteri lingkungan hidup ( - ͡. - ͡ !)ε( - ˛. - ̃)зε(¬.¬)зε( - ̃͡-̮ - ̃͡)з( - ̃o - ̃)

      Hapus
  19. Wih ini postingan pertama tentang 2016 yang malah perenungan tentang bumi lho. Mantap ya salam ini tolong salamin ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gue salamin sama si salam yak ( '́⌣'̀)/(˘̩̩ε˘̩ƪ)

      Hapus
  20. Balasan
    1. HASHIRAMA SENJU VS MADARA UCHIHA ┌П┐(►˛◄)┌П┐

      Hapus
  21. Kayaknya cocok nih postingan dikasih ke hakim pengadilan yang kemaren membebaskan perusahaan pembakar hutan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah boleh mas Ludi, disebarkan artikel ini. Atau dimention langsung ke hakim pengadilan :D

      Hapus
  22. Perenungan di awal tahun 2016 yang baik.

    Kalau melestarikan mantan itu membuat bumi nyaman untuk dihuni gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyaman dunk, lestarikannya di kebun binatang heheh :'D

      Hapus
  23. Semoga di tahun ini, dia makin sayang... sama bumi :p

    Kita belum terlambat!
    Semoga kesempatan untuk memperbaiki bumi masih ada, ya, Lam. Dimulai dari diri sendiri sih sebenernya, ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kirain sayang smaa gue :'D
      iya betul gus :D

      Hapus
  24. Waduhh. Postingan awal yang sangat menarik, Lam. Tapi tumben nih lu bener? Wakakaka. Semoga di tahun 2016 semakin membaik ya bumi kita. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya ini postingan ketiga yog :'D

      Aaaamiiinnnnn :))

      Hapus
  25. Saya seiman mas.

    Orang bilang, manusia adalah predator paling berbahaya di muka bumi. Segalak-galaknya macan kumbang, masih kalah deh sama manusia.

    Kebetulan manajemen SDA dan lingkungan termasuk concern saya juga nih mas. Jadi saya tertarik banget dengan hal-hal begini.

    Btw, mau sedikit interupsi nih mas. Hihi..
    membuang sampah sembarangan
    Kyknya itu ada yang kurang deh mas. Punteun :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah emang manusia yak ckckck
      ehh, iya salah itu hehehe. terimakasih mas :D

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung di www.salaminzaghi.com

Diberdayakan oleh Blogger.