Sabtu, 16 April 2016

Fase Sebelum dan Sesudah Ujian Nasional

Fase sebelum dan sesudah Ujian Nasional, cerita ujian nasional, cerita un, kisah un, selamat menempuh ujian nasional, ujian nasional bodo amat, ujian chunnin adalah ujian nasional, menghadapi un, seangkatan lulus un

Ujian Nasional memang telah usai, namun ujian kehidupan takan pernah berakhir. Anjay. Keren gak tuh quote gue, hahaha. Sekarang lagi heboh banget sama Ujian Nasional, dan gue sebagai ketua perhimpunan perserikatan Harukanisme, mengucapkan selamat menempuh Ujian Nasional. Asli, gue awalnya gak tau kalo April ini ada Ujian Nasional. Bukannya gak tau, sih, gue lebih bodo amat. Mau lu pada Ujian Nasional kek, Ujian Chunnin Kek. Bodolahh, yang penting masa-masa gue udah lewat. Muhahahahaha!

Di post kali ini gue sharing tentang pengalaman gue waktu menghadapi UN empat tahun lalu. Siapa tau aja apa yang gue alamin ini sama dengan penglaman lu. Atau jangan-jangan kita emang seangkatan?? Yaudah yuk, scroll ke bawah.







1. Diperingat

Fase sebelum dan sesudah Ujian Nasional, cerita ujian nasional, cerita un, kisah un, selamat menempuh ujian nasional, ujian nasional bodo amat, ujian chunnin adalah ujian nasional, menghadapi un, seangkatan lulus un

Setelah resmi jadi anak kelas 3 atau gaulnya anak 12, lu akan selalu diingetin kalo ini adalah masa terakhir lu di sekolah. Gak di kelas, ketemu di lorong, sampai pas upacara, guru lu selalu ngingetin lu buat serius belajar untuk menghadapi raja terakhir, yaitu UN.


2. Serius Belajar

Fase sebelum dan sesudah Ujian Nasional, cerita ujian nasional, cerita un, kisah un, selamat menempuh ujian nasional, ujian nasional bodo amat, ujian chunnin adalah ujian nasional, menghadapi un, seangkatan lulus un

Lu bakal mikir, inilah saatnya lu untuk mengeluarkan seluruh tenaga lu untuk menghadapi raja terakhir, UN. Lu jadi sering mikirin masa depan lu kayak apa setelah lulus dari penjara putih abu-abu. Gara-gara itu lu jadi serius belajar. Main jadi jarang, paling kalo libur doang baru main ketemu teman-teman.


3. Bimbel


Fase sebelum dan sesudah Ujian Nasional, cerita ujian nasional, cerita un, kisah un, selamat menempuh ujian nasional, ujian nasional bodo amat, ujian chunnin adalah ujian nasional, menghadapi un, seangkatan lulus un, kartu bimbel, kartu bimbel smk muhammadiyah 3 tangsel
kartu bimbel gue
Selepas UTS, di sekolah gue ngadain yang namanya bimbel. Namun bimbelnya ini bukan bimbel abis pulang sekolah, tapi bimbel subuh. Iyak, abis solat subuh langsung belajar. Beberapa teman gue ada yang solat subuh di sekolah biar gak telat. Kenapa milih subuh? Kata guru gue sih, biar kita mikirnya enak, karena otak kita bener-bener fresh di pagi hari. Gue kadang suka telat nih ikut bimbel beginian. Masih ngantuk coy hehehehe. btw, setelah ngubek-ngubek isi blog ini, gue nemuin story gue tentang bimbel wkwkwk. Selain bimbel di sekolah, ada juga siswa yang bimbel di luar. Bukan di luar jalanan yak, tapi tempat bimbel kayak primagaleria. Kalo di sekolah lu gimana? Ada bimbel juga gak?


4. Hubungan Merenggang


Fase sebelum dan sesudah Ujian Nasional, cerita ujian nasional, cerita un, kisah un, selamat menempuh ujian nasional, ujian nasional bodo amat, ujian chunnin adalah ujian nasional, menghadapi un, seangkatan lulus un, kartu bimbel, kartu bimbel smk muhammadiyah 3 tangsel, putus gara-gara un, putus gara-gara ujian nasional

Hubungan lu dengan pacar lu jadi merenggang karena UN. "Kita putus ya, aku mau serius belajar. Bentar lagi UN." Nah ini nih, lu jadi korban putusan pacar lu gara-gara UN. Padahal mah, emang pacar lu aja udah muak ama lu hahahaha. Tapi kisah ini benar adanya lho. Gue merupakan salah satu orang yang (masih) pacaran jelang-jelang UN.


5. Tobat Bareng-bareng

Fase sebelum dan sesudah Ujian Nasional, cerita ujian nasional, cerita un, kisah un, selamat menempuh ujian nasional, ujian nasional bodo amat, ujian chunnin adalah ujian nasional, menghadapi un, seangkatan lulus un, kartu bimbel, kartu bimbel smk muhammadiyah 3 tangsel, putus gara-gara un, putus gara-gara ujian nasional, RUQIAH UJIAN NASIONAL, pengajian sebelum ujian nasional

Beberapa hari sebelum UN, lu semua anak kelas 12 dikumpulin dalam satu kelas / aula / masjid buat dirukiyah. Bukan, ini bukan kesurupan massal. Guru agama lu ceramah dan mulai menasihati lu. Lu semua tertunduk mendengar ceritanya, apalagi pas beliau menceritakan tentang jerih payah orang tua lu untuk menyekolahkan lu sampai ke jenjang ini. Lu semua nangis. Gue juga nangis. Saat itu kita semua bertobat. Gue masih inget banget dulu guru gue bilang gini "Pulanglah nak, pulaaaaaaaaaaaaaaang. Sesampainya di rumah langsung minta maaf sama kedua orang tua muuu. Minta maaaaaff!!!" kata guru gue. "HUAAAAAA!!!!" kita semua nangis.


6. UJIAN NASIONAL

ujian nasional smk muhammadiyah 3 tangsel, ujian nasional sma muhammadiyah 8 ciputat, siswa smk muhammadiyah 3 tangsel, siswa sma muhammadiyah 8 ciputat, sekolah muhammadiyah ciputat di renovasi, kenangan smk muhammadiyah 3 tangsel
pas UN, sekolah gue lagi di renovasi. Untung gak ketiban bata -_-)
Hari yang dinantikan pun tiba. 3 hari yang menentukan lulus atau gak lulus selama 3 tahun ini lu tidur belajar di sekolah. Di momen ini lu bakal deg-degan. Yang cewek-cewek bakal curhat ke teman sebelahnya, "Duh gimana nih, gimana nih, gue deg-degan tauuu!!!" kata si cewek alay sambil kipas-kipas.

ujian nasional smk muhammadiyah 3 tangsel, ujian nasional sma muhammadiyah 8 ciputat, siswa smk muhammadiyah 3 tangsel, siswa sma muhammadiyah 8 ciputat, sekolah muhammadiyah ciputat di renovasi, kenangan smk muhammadiyah 3 tangsel, foto smk muhammadiyah 3 tangsel, alay smk muhammadiyah 3 tangsel, kelucuan smk muhammadiyah 3 tangsel, kelulusan smk muhammadiyah 3 tangsel
Jadi tukang foto pas UN -_-)


7. BEBAS

Fase sebelum dan sesudah Ujian Nasional, cerita ujian nasional, cerita un, kisah un, selamat menempuh ujian nasional, ujian nasional bodo amat, ujian chunnin adalah ujian nasional, menghadapi un, seangkatan lulus un, kartu bimbel, kartu bimbel smk muhammadiyah 3 tangsel, putus gara-gara un, putus gara-gara ujian nasional, RUQIAH UJIAN NASIONAL, pengajian sebelum ujian nasional, kebebasan setelah ujian nasional, balas dendam ujian nasional

Ibarat burung yang lepas dari sangkar, anak kelas 3 akhirnya bebas. Mereka bersorak gembira kegirangan paska UN selesai. Ada yang langsung coret-coret seragam pake pilok, ada yang konvoi, ada yang coret-coret seragam sekalian konvoi. Waktu itu gue gak ikut coret-coretan, kan malu belum tentu lulus, eh, udah coret-coret. Kalo gak lulus gimana ya?? Hadehhh. Momen kebebasan ini juga jadi bales dendam buat adik kelas 1 dan 2 yang libur pas anak kelas 3 nya UN. Mampus lu, masuk lagi, sekolah lagi :p


8. Lulus / Tidak Lulus?


Fase sebelum dan sesudah Ujian Nasional, cerita ujian nasional, cerita un, kisah un, selamat menempuh ujian nasional, ujian nasional bodo amat, ujian chunnin adalah ujian nasional, menghadapi un, seangkatan lulus un, kartu bimbel, kartu bimbel smk muhammadiyah 3 tangsel, putus gara-gara un, putus gara-gara ujian nasional, RUQIAH UJIAN NASIONAL, pengajian sebelum ujian nasional, surat keterangan kelulusan ujian nasional, kelulusan un, keterangan lulus un, dikerjain pas kelulusam un



Setelah UN berlalu dan lu girang loncat-loncat, ternyata masih ada lagi yang menghantui lu. Yaitu, Lulus atau tidak lulus? Mampus lu. Momen ini jadi momen super deg-degan lebih dari UN. Waktu itu seangkatan gue dikumpulin di masjid. Disinilah kami diberikan surat yang menentukan apakah kami harus keluar dari sekolah ini atau kembali mendekap di sekolah. Kepala sekolah bilang ada beberapa anak yang gak lulus. Pas pak kepsek bilang gitu, kami semua jadi takut. Kami dibagikan amplop yang mana di dalam amplop itu isinya adalah duit surat keterangan kelulusan. Gue pun membukanya perlahan-lahan. Sungguh detik yang menegangkan. Dan... Eng-ing-eng!!! GUE LULUS!!! YEAHHHHH!!!!! Kita semua kegirangan. Gue yang otaknya pas-pasan sangat bahagia bisa lulus dari sekolah ini. Namun dibalik kebahagiaan yang barusan gue dapat, ada teman gue yang isi amplopnya kosong.

Gue: Bro lu gimana???

Teman gue: Gak ada isinya bro.. *mukanya mulai sedih*

Gue: Sabar bro.. *gue ngelus punggungnya*

Teman gue yang gue anggap paling jenius, justru amplopnya malah kosong. Dia sedih banget. Ada lima siswa yang amplopnya kosong. Mereka akhirnya disuruh ngadep ke kepsek. Kami, teman-teman seperjuangan menemaninya sampai ruang kepsek. Kami semua penasaran, kami tidak ingin teman kami ada yang tidak lulus. kami ingin angkatan kami lulus 100%! Beberapa teman gue ada yang nangis, tau sahabatnya sedang diambang lulus atau tidak lulus. Pas mereka kembali keluar, mereka berlima tertunduk lesu. Kami semua langsung kepo "Eh gimana! Gimana! GIMANAA!!?!". "Gue...." terbata teman gue yang barusan masuk ruang kepsek. Kami semua menunggu kelimat selanjutnya yang akan dia katakan. "....LULUS!!!! YEAYYY!!" dia melompat kegirangan. Anjasssss, kita dikerjain :))


9. Coret-coret

coret-coretan anak sma, meme coret-coretan anak sekolah, coret-coret setelah un, coret-coret seragam ujian nasional, coret-coretan sekolah, coret-coret un

Inilah momen coret-coret yang sebenarnya. Bukan pas abis UN lu coret-coret, kan goblok lu udah girang coret-coret, eh taunya lu gak lulus. Mamam tuh. Nahh ini baruuu, kan enak kalo udah bener dinyatakan lulus. Setelah kami semua mendapatkan surat kelulusan, kepala sekolah menyuruh kami kumpul di lapangan. "Jangan coret-coret ya! Awas kalo coret-coret! Pokoknya siapapun nanti yang ketauan coret-coret, ijazahnya di tahan!!!!"  tegas kepala sekolah. Gue yang waktu itu emang cemen dan taat aturan, gue gak ikut coret-coretan. Bagi gue itu adalah ancaman serius.

kelulusan anak smk muhammadiyah 3 tangsel, keseruan kelulusan smk muhammadiyah 3 tangsel, merayakan kelulusan smk muhammadiyah 3 tangsel, legenda smk muhammadiyah 3 tangsel, heboh lulus smk muhammdiyah 3 tangsel, lulus 100% smk muhammadiyah 3 tangsel, syukuran smk muhammadiyah 3 tangsel

Setelah 'hore-horean aku lulus', kami semua mencar. Gue dan beberapa teman gue yang ada di foto di atas, pergi ke rental ps. Bagi kami main ps lebih mulia dari pada coret-coret seragam. Teman gue yang lainnya ngumpul di depan gang sekolah dan mereka pergi beramai-ramai. Entah kemana. Ternyata mereka cari lokasi yang aman, dan disitulah mereka coret-coret.

kelulusan anak smk muhammadiyah 3 tangsel, keseruan kelulusan smk muhammadiyah 3 tangsel, merayakan kelulusan smk muhammadiyah 3 tangsel, legenda smk muhammadiyah 3 tangsel, heboh lulus smk muhammdiyah 3 tangsel, lulus 100% smk muhammadiyah 3 tangsel, syukuran smk muhammadiyah 3 tangsel, coret- coret anak smk muhammadiyah 3 tangsel, tawuran smk muhammadiyah 3 tangsel
keren banget broh!


10. Kerja / Kuliah

kerja setelah lulus smk, prospek kerja smk muhammadiyah 3 tangsel, kerja smk muhammadiyah 3 tangsel, lks smk muhammadiyah 3 tangsel, kuliah smk muhammadiyah 3 tangl, kerja smk muhammadiyah 3 tangsel, kerja setelah lulus ujian nasional

Kembali libur. Untuk mengisi hari-hari kekosongan lu paska lu dinyatakan lulus, lu mulai cari-cari info kerja ataupun kuliah. Lu mulai rajin bikin surat lamaran, terus lu tebar di perusahaan manapun yang lagi ada iklan info lokernya. Lu yang mau kuliah juga mulai cari info penerimaan mahasiswa baru.


11. Ijazah

meme ijazah, meme lucu ijazah, meme lulus ujian nasional, meme lulus un, meme lucu, meme greget, meme anak sma, meme anak smk, meme sekolah

Setelah tiga bulan lu dinyatakan lulus, lu akhirnya mendapatkan ijazah. Yeahh! Dengan ijazah, bisa lu pake buat ngelamar kerja, daftar kuliah, pokoknya pergunakan ijazah lu dengan sebaik-baiknya ya, guys. inget, jangan lu gade!


Punya cerita unik pas UN? Share yuk pengalaman kamu di komentar!

38 komentar:

  1. Kalo saya sih diingetin inget lam sma guru
    Kalo ga diingetin ya ga inget
    .
    Klo serius belajar apa engga? Saya justru engga serius belajar
    Sekolah j ga niat itu cuma tuntutan orangtua
    Yg bikin sedih lam pas dikasih amplop lulus apa engga, engga ada duitnya lam di dalemnya
    Sehrusnya ya dikasih uang gitu
    Biar seneng
    Ya masa 12 tahun sekolah cuma dikasih 3 lembar doang
    Dikit amat
    Seharusnya dikasih lebih
    Kayak dikasih rumah, motor, pasangan idup, harta 7 turunan ga abis2
    Saya yakin kalo kayak gitu banyak yg sejahtera

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending lu jadi anak presiden aja nik, tapi belum tentu lu dapet yang kayak gitu juga =_=

      Hapus
  2. Aku tahun depan UN, kakak. Doakan yang terbaik yak! :D

    Kalo udah kelas 12 semua tujuan hidup tercurahkan ke UN kayaknya. Eh, SBM juga, sih. Menuju masa depan yang lebih cerah lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. intinya sih menuju puncak impian cahaya manggapai cita menggapi asa, pasti percaya di akademi fantasi~

      malah nyanyi lagi AFI~

      Hapus
  3. Hahaha rata-rata sih urutannya emang begitu Lam. Ada bimbel trus H min seminggu pada tobat. Kerja rodi buat nyari kunci jawaban.
    Gue dulu waktu mo UN juga sebodo amat. IB (Intensif Belajar) yang diadain sekolah, nggak pernah ikut, Maen PES sampe larut. Toh hasilnya juga lulus lulus aja.
    Yoih Naq STM emang keren !!

    Tapi di sekolah STM gue nggak ada muhasabah, jadi belum pernah ngrasain dapet renungan. :(

    Corat-coret, iya gue dulu juga corat-coret tapi nggak di seragam. di baju putih polos yang emang udah gue siapin dari rumah. Kalo corat-coret di seragam, bisa ditempeleng bokap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaelaa kan seragam lu ada 2 men :D

      Hapus
  4. anjir kok gue jadi nostalgia gini ya, jadi ingat dulu pas pra UN malah sering bolos, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahhh anak teladan lu win jajajahaha

      Hapus
  5. Tobqt bareng-bareng.. Jadi inget gue pas SMA dulu, pas mau un, berdo'a. Udah lulus malah belingsatan. -_#

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang, itukan nangis2 cuma spik doang -_-

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. hahaha memnag UN membawa dampak yang positif kang. tadinya gak pernah solat jadi solat, yang tadinya malas bangun tengah malam, selama ujian jadi rajin solat tahajud. hahaha Saya banget 14 yang lampau artikel ini. wkwkwkkwkwk

    BalasHapus
  8. membaca tulisan ini, kok jadi teringat ke tahun 2007, saat kelulusan sma. nostalgia

    BalasHapus
  9. Habis UN terbitlah LDR. LDR an sama temen-temen itu berat banget asli. :'')

    BalasHapus
  10. Saya tidak setuju brader apabila setelah UN itu corat coret baju karena lebih baik disumbangkan dari pada di coret waktu kemaren saya lulus saja baju saya disumbangkan ke sekolah karena diluar sana masih banyak orang yang lebih membutuhkan dari kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama. tapi coret2 lebih grget men hahhaa. kan masih ada satu lagi seragamnya, jadi seragam itu bisa disubangin deh :D

      Hapus
  11. Gue UN ngerjain sendiri. Jadi ya... gak ada yang unik dari kisah UN gue :')
    Eh ada sih. Temen gue pada berburu kunci jawaban. Pukul 04.00 pagi udah keluar rumah buat ngambil kunci jawaban. Gue? Masih molor jam segitu. Ya untung aja sih gue kagak ngambil karena kuncinya harus ngambil sendiri ke tempat si penjual. Gak boleh diwakili lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ini nih salah satu pelaku UN hahaha. semoga lulus bro :D

      Hapus
  12. Saya mah teu setuju tah jeung nomer 9 kang, soalna teu aya dina UUD 1945 kang pokokna mah teu setuju :D
    Corat-coret teu aya manfaatna kang mendingan bajuna di simpen atau kasih sama tetangga atau adik kita di rumah itu kan lebih bermanfaat daripada corat-coret teu pararuguh ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yang penting peninggalan kita setelah sekolah, bisa bermanfaat bagi orang lain :)

      Hapus
  13. ingatlah pengalaman, kau tak akan pernah masa sma tersebut. ~ Mohamad Topik Nawawi Al Brus

    BalasHapus
  14. sebelum UN, kasak kusuk cari bocoran... wakakkak #Kaboooor

    BalasHapus
  15. hahaha fasenya kena semua..
    yang paling anjay itu kumpul dimusolah trus dinasehatin. tobat musiman -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkakakak abis un blangsak lagi -__-

      Hapus
  16. Sebelum bener2 sah ada kata lulus pantang haha hihi dulu ksm biasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahhh makanya jangan girang dulu sebelum emang bener2 dinyatakan lulus :D

      Hapus
  17. Ujian Nasional 4 tahun yang lalu, harusnya sekarang udah lulus kuliah nih.

    Biasanya habis UN nih yang bikin males, kebanyakan libur jadi gabut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya jadi mager gitu. hahaha iya nih lagi menjelang kelulusan kuliah, doain ya men :')

      Hapus
  18. Yang 3 4 5 gua kagak ngalamin. beh, kurang lengkap masa ujian gua dulu. :(

    tapi bener, sih, kelulusan tanpa corat coret seragam itu nggak seru, datar abis. #PelakuCoratCoretBaju #WaloPernahDimarahi #BodoAmat

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren lu bang, gue aja gak ikut coret2an :'( #sedih #gueanakbaik2

      Hapus
  19. At least, urutannya emang begitu sih ya bang. Tapi ada beberapa poin yang sepertinya aku lewatkan, bimbel sama hubungan merenggang misalnya haha. Da aku malah mulai deket lagi sama seseorang selagi mau un haha.

    Bedanya lagi, setelah un gak pernah tuh merasakan corat coret seragam sekolah. Tapi seenggaknya rasa bebas itu mutlak adanya setelah un mah haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah lu sama kayak gue bang :D kita anak baik2 :')

      Hapus
  20. Rada-rada ada benernya juga sih
    izin yah......
    mo minta sedikit buat dijadiin materi Stand Up Comedy (dari yang BEBAS sampai Corat-Coret) Soalnya hari ini kompetisinya.....

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di www.salaminzaghi.com

SALAMINZAGHI ON INSTAGRAM