Senin, 27 Juni 2016

Angkatan Gak Jelas, Semester Yang Tidak Dianggap

Gak terasa kalo gue saat ini udah mau masuk semester akhir. Sekarang gue semester 7, dan September nanti gue semester 8. Mungkin disini (yang anak kuliahan) ada yang bertanya kok gue semester 7 sih, bukannya semester 6?

Nah, di real life banyak yang nanya kayak gini. Apalagi pas lagi kenalan. Pertanyaan spik macam, namanya siapa? kuliah dimana? Semester berapa? Itu gue jawab. Terus doi nanya gini (setelah nanya semester berapa), kok semester 7 yah, bukannya 6? Sekarang kan lagi semester genap.

Jadi gini..

Di kampus gue, Unpam, sistem penerimaan mahasiswa barunya tuh setahun dua kali. Jadi di semester genap buka, ganjil pun juga buka. Setelah gagal masuk PTN, gue mulai searching universitas swasta, dan pilihan gue jatuh pada Unpam. Gue telat daftar, gue masuk gelombang terakhir. Nah pas pengumuman ternyata gue gak lulus (bego banget yak gue hahaha), tapi dikasih opsi jurusan lain. Kalo gue milih jurusan opsi tersebut, gue bisa langsung ikut perkuliahan.

Karena nantinya gue gak mau jadi mahasiswa salah jurusan, mending gue tunda dulu deh. Terus gue dapet info kalo di semester genap nanti bakal ada penerimaan mahasiswa baru lagi. Jadi gue gak perlu nunggu sampe tahun depan. Yaudah, pas semester genap, gue akhirnya ikut ujian lagi, dan alhamdulillah lulus. (Story awal gue masuk kuliah ada disini: http://www.salaminzaghi.com/2013/11/postingan-setelah-vakum.html)

Dan, jadilah gue anak semester 1 di awal 2013, tepatnya pas angkatan 2012 masuk semester 2 (harusnya gue disini, nih).

Berikut gue jabarkan perbedaan antara angkatan semester genap dan angkatan semester ganjil menurut kacamata gue (walaupun sebenarnya gue gak pake kacamata):

Jumlah Kelas

kelas karyawan, kelas reguler, kelas naka pintar, kelas semester genap, kelas di unpam, kelas unpam, kelas semester ganjil

Disini terasa beda banget gengs. Jelas untuk jumlah kelas, angkatan semester ganjil lebih banyak karena momentumnya pas sama kelulusan anak SMA. Jadi pas anak SMA lulus, langsung daftar kuliah. Gak perlu nunggu-nunggu. Beda sama angkatan semester genap, yang rata-rata masuk karena gak lulus pas pendaftaran semester ganjil sama yang kerja dulu baru kuliah.

Berikut presentase hasil pengamatan gue mengenai jumlah kelas:

grafik kuliah, grafik kelas, grafik angkatan, grafik semester, grafik kuliah unpam, grafik kuliah angkatan, grafik kelulusan
Kelas
Di grafik bisa dilihat, angkatan ganjil lebih banyak kelasnya, bahkan pernah gue itung sampe kelas R yang berarti sampe 18 kelas. Waw banget. Itu rata semua kelas reguler (pagi, malam, sabtu) tinggal di kali 3 aja. Waw gileh. Sedangkan di angkatan genap, cuma sampe kelas G, gak sampe 10 kelas.


Jumlah Mahasiswa

jumlah mahasiswa suzuran, jumlah mahasiswa unpam, jumlah mahasiswa di indonesia, jumlah mahasiswa galau, jumlah mahasiswa salah jurusan

rbanding lurus dengan jumlah kelas, jumlah mahasiswa pun otomatis mengikuti space kelas yang ada. Kapasitas perkelas tuh rata-rata 50 mahasiswa. Jadi rumusnya jumlah mahasiswa rata-rata perkelas x jumlah kelas semua reguler. Jadi... 50 x  (18 x 3) = 2700 mahasiswa.

Itu untuk yang semester ganjil, bagaimana dengan angkatan gue semester genap. Baiklah, karena gue cuma 8 kelas jadi... 50 x (8 x 3) =  1200 mahasiswa.

grafik mahasiswa, grafik student, grafik mahasiswa salah jurusan, grafik mahasiswa angkatan, grafik mahasiwa unpam, grafik unpam
mahasiswa

Itu cuma angka awal doang kok pas jadi maba. Kenyataannya presentasi di atas selalu menurun. Ssetelah perjalanan dari maba menuju anak semester akhir, semua jadi berkurang mulai dari jumlah kelas sampe mahasiswanya. Gue yang awalnya kelas ada 8, sekarang jadi tinggal 3! Wadepak men!


Eksistensi


eksistensi mahasiswa, eksistensi unpam, eksistensi mahasiswa unpam, eksistensi kuliah, eksistensi mahasiswa indonesia

Eksistensi jelas lah lebih eksis angkatan ganjil. Secara pasukan dia lebih banyak dan diakui oleh banyak orang. Nah gue, angkatan genap, eksistensinya super gak jelas hahaha. Tapi kalo masih di dalam lingkungan kampus sendiri sih, normal aja. Cumen kalo udah ketemu mahasiswa kampus luar, terus ditanya, "Semester berapa?", "Semester tujuh", "Loh, bukannya sekarang lagi semester genap, ya?" Udah dah, pilihan lu cuma dua. Lu jelasin lagi kalo kampus lu SPMB-nya (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) itu setahun dua kali. Atau lu jedotin palanya ke tembok.


Persaingan


persaingan unpam, persaingan angkatan, persaingan mahasiswa baru, persaingan antar universitas

Persaingan seangkatan ini biasanya untuk merebutkan cumlaude (nilai tertinggi), jadi biasanya pas wisuda ada tuh, ipk tertinggi seangkatan jatuh kepada.... nah itu. Selain ngerebutin cumlaude, ada juga beasiswa seangkatan. Misal gini, dibuka beasiswa ke Zimbabwe University untuk 3 orang mahasiswa angkatan 2012. Begitu.

Kalo lu berada di angkatan ganjil yang notabennya mahasiswanya banyak, persaingan lu bakal lebih sulit, karena yang jago bukan cuma satu atau dua orang aja, tapi banyak. Sebaliknya, kalo lu berada di angkatan genap, saingan lu bisa diitunglah.




Tapi sekarang di kampus gue sistem penerimaan mahasiswa yang sebelumnya satu tahun dua kali, sekarang udah tobat jadi setahun sekali. Alhamdulillah, jadi gak ada lagi dedek-dedek yang terjebak di angkatan gak jelas dan semester yang tidak dianggap seperti gue

Walaupun begitu gue tetap lanjut dan semangat! In shaa Allah, tahun depan wisuda

Btw, di sini ada yang anak semester genap juga, gak?

37 komentar:

  1. Wah kayanya kalau di kampus daerah sini penerimaan nya setahun sekali deh jadi sama rata :D

    BalasHapus
  2. Wah baru nemu nih sistem yang kaya gini. Ternyata ada juga ya...

    Beruntung lah kau cees. Mending masuk pas semester genap, daripada ganjil. Biasanya yang ganjil, muka pun ikut ganjil. Kaya saya.
    Muka ente genap kan?

    BalasHapus
  3. baru mau masuk kuliah tahun ini... kwwkwkk
    baru tau ternyata ada universitas yang penerimaan mahasiswa barunya setahun dua kali ._.

    BalasHapus
  4. Unik juga ya ._. aku malah baru tau ada kampus yang penerimaannya setahun dua kali ._. duuuuh wkwkwk

    Persaingan merebutkan cumlaude masih ada aja ya disetiap kampus wkwkw aku mah diatas tiga aja udah bersyukur banget wwkwk

    BalasHapus
  5. duh gw bukan anak semester genap tapi anak ibu bapak gw :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mazzz, iyaaaaaaaaaaaaaaaaa :D

      Hapus
  6. Eh, gue kira kalo kampus-kampus swasta emang nerima maba dua kali dalam setahun. Ternyata cuma sekali toh...

    Jadi pengetahuan baru buat anak yang mau menghadapi UN tahun depan nih. (baca: gue) :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada juga rob yang dua kali kyak kampus gue,, tapi selain kmpus gue juga ada dah... kalo negri rata semua setahun sekali.

      Hapus
  7. baru juga nunggu pengumuman nih..

    BalasHapus
  8. Wah wah.. untung kampus lo udah tobat. Gak bayangin kalau makin parah, kalau tiap hari ada penerimaan gimana coba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi negara kampus gue hahaha :D

      unpamgakure XD

      Hapus
  9. iyasih baru tau ada universitas dua kali penerimaan.. dan ga kirakira itu 18 kelas nyampe R .. di univ saya kuliah nyampe M aja udah terlalu banyak banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bentar lagi mo berubah jadi kampus ninja asal lu tau kyak konoha hehehehe. canda gengs. iyap penuh banget.

      Hapus
  10. Wah sudah mau wisuda nih, semoga semuanya lancar.
    Jadi inget zaman2 kuliah dan puyengnya bikin skripsi :D

    BalasHapus
  11. *belum ngerti dunia perkuliahan*
    semangat aja deh kak :D

    BalasHapus
  12. Kalau saya mah ganjil kang jadi lumayan banyak lah, ahi hi hi, tapi kalau banyak lebih banyak juga saingannya (untuk apa itu) jadi rada rada gimana gituh.

    BalasHapus
  13. Belum dunia perkuliahan kak, jadi cemungudh eaa... biar cemungudh nonton Haruka di ini sahur aja.
    Aspaan aku sendiri nggak pernah lihat ini sahur.

    Unpamgakure ini benar-benar antimainstream ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Allah, masih bae lu ngewota dimari. Huft.
      bentar lagi gue mo ujian chunnin nih.

      Hapus
  14. wow info yang menarik nih kak.. ooo iya kak kalau ingin tahu tentang cara membuat web yuk disini saja.. terimakasih

    BalasHapus
  15. Kalau gua nggak sih, cuman ada beberapa temen gua yang masuk di semester genap, cuman di kampus gua tinggal ngikutin sks aja, nggak ada sistem kelas hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kan, gak cuma kampus gue doang yang ada semster genapnya

      Hapus
  16. Gue gak pernah ngerti ditanya semester berapa. Pas gue jawab semester segini, lawan bicara gue nanya lagi, "Hah? Itu semester atau tingkat?" Lah???? Lah??? Lah??? Ya kan tadi nanyanya semester berapa, gue jawab semester segini malah ditanya semester ato tingkat... Jadi sekarang kalo ditanya semester berapa, gue jawabnya begini, "gue baru uas 3x, nah ente itung aja ndiri tuh semester berapa."

    Ah begitulah. Semoga cepet wisuda yak dengan hasil memuaskan.

    :D :D :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. lu semester tua apa masi maba si, ran :/

      Hapus
    2. Tergantung siapa yang nanya. Kalo sekiranya dia nanya dengan udang dibalik bakwan...gue jawabnya semester 4. Kan bisa alesan sibuk skripsi tuh. Ogah bener gue suruh ngerjain tugas2 spupu gua. Cih. Mau byar berapeee... lah gue aja jiplak temen gue..cuma beda-bedain kalimat doang. Kalo cuma sekedar nanya doang, ya gue jawab sekenanya aja. Makanya kadang gue jawab semester 8. Bingung lah lawan bicara gue.. Katanya, itu tingkat atau semester. Bedanya apa gue juga gak ngerti.

      Hapus
    3. asli, gue bingung lu ngomong apaan =_=)/(._.

      udah beli skripsi aja udaaaaaah ε=ε=┏( ˆ▽ˆ)┛

      Hapus
  17. gue baru tahu ternyata ada kampus bisa nerima mahasiswa baru di dua periode di tahun yang sama. ya ampun kudet banget gue yah. Tapi tunggu, ini angkatan genap terlalu sedikit berbeda jauh sama ganjil. Dan tunggu gimana jadinya kalau lagi tawuran tuh pasti bawa-bawa genap ganjil, aduh jangan sampai deh
    Tapi yang lebih penting dari itu semua, akhirnya bentar lagi lu udah jadi mahasiswa tua bro bakal masuk zona skripsi yang melelahkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoman.

      kita kalo tawuran udah kayak anak suzuran. Ganjil+genap kekuatannya 2x lipat vrohhh (ノ `Д´)ノ(ノ `Д´)ノ(ノ `Д´)ノ(ノ `Д´)ノ(ノ `Д´)ノ(ノ `Д´)ノ(ノ `Д´)ノ(ノ `Д´)ノ(ノ `Д´)ノ(ノ `Д´)ノ(ノ `Д´)ノ(ノ `Д´)ノ(ノ `Д´)ノ(ノ `Д´)ノ(ノ `Д´)ノ(ノ `Д´)ノ(ノ `Д´)ノ(ノ `Д´)ノ(ノ `Д´)ノ(ノ `Д´)ノ(ノ `Д´)ノ(ノ `Д´)ノ(ノ `Д´)ノ(ノ `Д´)ノ(ノ `Д´)ノ

      Hapus
  18. Owalah baru tau kalo di indonesia ada yg macem beginian. Malah unik tau, beda dari yg lainnya 😏

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di www.salaminzaghi.com