Jumat, 21 Oktober 2016

Sidang Proposal Skripsi

Di masa penghujung perkuliahan seperti ini, gue jadi rajin mengabadikan setiap momen yang ada di kampus. Biar nanti kalo udah lulus, kangen, tinggal buka blog ini lagi, terus baca-baca. Aaaah, kok, jadi udah kangen duluan, yak. hehehe.

Momen tersakral di semester 8 adalah skripsi. Bagi mahasiswa yang ingin lulus harus bertarung habis-habisan melawan raja terakhir ini. Namun, sebelum bertarung melawan skripsi, mahasiswa harus berhadapan dengan pengawalnya raja terakhir, proposal skripsi. Melawan dia tidaklah mudah, karena kita harus menyiapkan judul supaya diterima dan lanjut ke skripsi. Gue pas semester 7 udah mulai tuh nyari judul. Gue muter-muter cari refrensi di perpus UNPAM. Terus ke perpus UIN, liat skripsi mereka. Abis itu Ke perpus UI, moto-moto.

Kembali lagi ke perpus UNPAM.

Di perpus UNPAM, gue banyak ketemu temen-temen gue yang juga lagi nyari judul. Padahal kita gak janjian. Gue ketemu temen sekolah gue yang beda jurusan. Terus ketemu juga sama kakak kelas gue yang revisian bareng. Seru deh, jadi semangat banyak temen seperjuangan. Selama pencarian judul, gue barengan sama anak kelas sebelah (kelas B, gue kelas C), yaitu Katon, Arif, Tengku, dan Ayub. 

perpus di pamulang, perpustakaan pusat pamulang, perpus unpam, loker perpus unpam, perpustakaan universitas pamulang, mahasiswa tingkat akhir rajin ke perpus unpam, cerita anak unpam, cerita mahasiswa unpam, cerita unpam, cerita mahasiswa unpam, cerita tentang unpam, cerita lucu di unpam, cerita universitas pamulang, cerita mahasiswa unpam viktor
macan kampus at loker perpus UNPAM
Kami mengambil tempat duduk disebuah meja bundar di lantai 3 perpustakaan UNPAM. Sedikit informasi, kalo lu kesini pas liburan semester, lantai 3 tuh penuh banget sama anak yang lagi nyari judul. Dan yang paling gak enakinnya tuh, pada bau banget ketek! Padahal ada AC. Eh, gak mempan. Emang mejik dah, nih mahasiswa tingkat akhir.



Gue sudah mendapatkan judul yang klop untuk dijadikan proposal skripsi. Katon masih bingung, "Eh, bagusnya gue judulnya apa ya? Tentang rumah sakit apa tentang sekolah, ya?" Katon meminta saran dengan memegang dua skripsi sebagai perbandingannya. "Terserah lu Ton, yang gampang-gampang aja gak usah ribet." saran Arif.

Seminggu kemudian...

Gue mendapatkan sebuah notifikasi di Facebook. Notif dari grup jurusan.



Isi dari file tersebut adalah nama-nama yang ikut sidang proposal dengan total peserta 477 mahasiswa untuk jurusan Teknik Informatika.

Sidang jatuh pada tanggal 17 Oktober, hari senin. Gue langsung rapihin proposal gue. Selain proposal, gue juga harus cari baju putih buat sidang. Gue ngecek lemari, baju putih gue udah entah kemana. Entah digigit tikus apa dijadiin lap, lupa gue. Akhirnya gue ke pasar, beli baju putih.


Sebenarnya dasi kupu-kupu itu gak wajib dipake pas sidang. Cuma gue nanya aja sama mba nya, "Mba ada dasi kupu-kupu gak?" tanya gue. "ada mas!" si mba masuk ke dalem nyari dasi kupu-kupu, kemudian dia membawa dasi tersebut ke gue. Dasinya gue pake, terus moto-moto selfie, cari angel yang pas, ckrek-ckrek! "Udah mba, ni saya ambil bajunya. Berapa ya?" Gue melepas baju putih yang akan gue beli beserta dasi kupu-kupu. "Ini jadi 54 ribu mas, itu dasinya mau sekalian juga mas??" kata si mba sambil mencet-mencet kalkulator. "Engga mba, bajunya aja." gue nyengir. Mba nya manyun. Sialan dia nyoba doang buat moto, tapi kagak beli!




Senin, 17 Oktober 2016

Hari yang dinantikan pun tiba. Sidang jam 1 siang, jadi gue masuk kuliah dulu. Setelah masuk mata kuliah terakhir (selesai jam 12 siang) gue langsung cari kelas buat makan #bawabekel. Temen gue si Kholik ngikutin gue dari belakang.

"Lam, Lam bantuin gue dong!?" Kholik narik gue. "Gue belum kelar nih proposal gue. Yuk bantuin gue!" Panik kholik.

"Yaudah yuk cari kelas kosong. Sekalian gue mau makan." Akhirnya gue nyari kelas kosong sama kholik.

Di kelas kosong, Kholik membuka laptopnya. Proposalnya baru 35%. "Lu gimana sih, Lik!? Ngapain aja lu dari kemarin!" gue ngomel. Parah ni anak, ini udah hari H tapi belum beres juga. "Udahh lu bantuin gue!!!" Gue pun membantu dia, sambil memakan bekal yang gue bawa dari rumah.

Jam sudah menunjukkan jam 1. "Lik, yuk turun, udah jam 1 nih, bentar lagi mulai sidangnya." Gue menunggu Kholik di depan pintu kelas. "Iya, iyaaaaa!!!" Kholik enshutdown laptopnya. Kekesalan menghiasi wajahnya. Di bawah, gue berpisah dengan Kholik, karena kami memang beda ruang sidang.

Gue pun beres-beres ganti baju. Kemudian menuju ruang 112 tempat gue sidang.


Selama gue melewati lorong, gue ketemu temen-temen lama gue di semester 1 yang udah pada misah-misah. Terus ketemu temen sekolah gue. Ketemu kakak kelas yang revisian bareng gue. Waw, banget! Semoga diberi kemudahan ya, manteman! AAAAMIIIIN!



SIDANG PUN DIMULAI!

Penguji masuk kelas. Gue seruang sama temen sekelas gue, Wiwin, Daus, dan Yudhi. Satu persatu nama dipanggil ke depan, terus ditanya-tanya proposalnya. Suasana tegang. Gue membaca kembali proposal gue, supaya pas ditanya gak kaku-kaku banget dan gue bisa jelasin apa yang mau gue ajukan buat skripsi nanti.

"Bikin apa kamu!?"

"Ahh, itu mah udah sering! Banyak di play store. Ganti!"

"Ini maksudnya apa, ini!?!"

"Apa manfaatnya kamu bikin ginian???!? Anak smp juga bisa! Ganti!!"

"Kamuuu!! Muka kamu ngeselin, ganti!!"

Begitulah kata Dosen penguji

Ada juga mahasiswa lain yang pas diuji terus rada ngotot gitu, akhirnya debat. Ada juga yang dikomen lucu sama Dosen penguji, nah pas momen lucu ini kita sekelas ketawa ngakak. Lumayan buat melepas ketegangan hahahahaha! 



Alhamdulillah, proposal gue gak dikomen apa-apa cuma disuruh ganti kata doang di judulnya. Dari yang awalnya "Rancang bangun" jadi "Perancangan". Beda lagi sama si Yudhi, dia ampe debat gitu hahahaha.


skripsi unpam, cover skripsi unpam, syarat skripsi unpam, skripsi audit unpam, judul skripsi unpam, penulisan skripsi unpam, sidang skripsi unpam, proposal skripsi unpam, skripsi teknik informatika unpam, sistematika penulisan skripsi unpam, persyaratan sidang skripsi unpam, pedoman penulisan skripsi unpam, contoh skripsi teknik informatika unpam, contoh proposal skripsi teknik informatika unpam, contoh skripsi unpam, syarat skripsi di unpam, syarat mengajukan skripsi di unpam, proposal skripsi unpam, syarat skripsi universitas pamulang, judul skripsi universitas pamulang
Yudhi: Gak bisa gitu dong, pak! // Dosen: Diam kamu! zehahahaha!

Lain ruang, lain cerita. Di Ruang 106, si Kholik dihajar abis-abisan sama Dosen penguji. Bagemana engga, yang tadinya gue cek baru 35% sekarang dipaksa jadi 100% dalam waktu 1 jam. Sungguh ruarr biasahhh Kholik. Berikut potret yang berhasil ditangkap oleh Katon (anak kelas sebelah) yang seruang sama Kholik. "Busettt! Itu sidang abis sama Kholik doang! Lama banget!" curhat Katon.



Setelah sidang kelar, dan alhamdulillah semua judulnya di-acc walaupun harus revisi. Kita nongkrong ngopi-ngopi di kanbir (kantin biru depan kampus unpam viktor).


kantin unpam, sewa kantin unpam, kantin kampus unpam, sewa kantin di unpam, cerita unpam, cerita mahasiswa unpam, cerita tentang unpam, cerita lucu di unpam, cerita universitas pamulang, cerita mahasiswa unpam viktor
kesedot genjutsu. Jangan-jangan sidang ini hanyalah genjutu. AAAAKKKKKKKKK!!

49 komentar:

  1. Hal yg paling melegakan di puncak usia dewasa acc sidang skripsuit wkkkk
    Slamat ya lam

    BalasHapus
  2. Lagi sibuk sibuknya ya kang sekarang mah, semangat kang semoga berhasil deh dan mendapatkan nilai yang muantappp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiin, Terima kasih, kang Iman :)

      Hapus
  3. Asik judulnya di-acc.... cepet lulus ya Salam

    BalasHapus
  4. ciee skirpsi ada raja terakhir lagi lam, nyari kerjaan yang pas sama hati lo wkwkwkw, semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu mah beda lagi, kalo ini kan raja terakhir di kampus. Kalo itu mah baru survive and welcome to the real life haha

      Hapus
  5. Taek sih kalo gue jadi mbak yang jual mah gak cuma manyun doang, gue keplak wkwkwk udah susah nyari ke dalem cuma dipake selfie trs udahan. Hhh.
    DOOH ENAK YA UDAH SEMPRO! Gue masih proses nih, doain gue juga ya, Salam. Mwah :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk kalo penjualnya elu, gue bakal ngamuk. Kagak jadi beli :p terus gue teriak2, toko macam apa ini! hahahaha!

      Iya, semoga cepet skripsi juga dah lu :D

      Hapus
  6. Waaahhhh, cepet ya lu udah mau sidang aja. Wkwkkw...
    Sukses deh, Bang....
    Semoga Mbak-mbak tukang dasi kupu-kupu itu gak doain lu yang macem-macem *ehh

    BalasHapus
  7. Wah bentar lagi ujian terahir
    Kalo yg jadi penguji sidangnya hokage keenam saya minta tanda tangannya y
    .
    Emang lo salah apaan? Kok bisa disidang? Ngikutin jesica y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk iya ni gue takut yang sidang kelima kage dari beberapa desa. huhuhuhu seediihh.

      iya gue salah, gara2 kuliah 8 semester, makanya disidang ni

      Hapus
  8. wkwkwk pengen banget jitak klo jadi mba yang jualan dasi :D gudluck y

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh jangan dijitak dong tar benjol pala saya :p

      Hapus
  9. Ya Allah kangen sidang wkwkwk. . Dari yang rajin belajar sampe main jam 11 malem padahal besok sidang. Pas pulang kostan ayah kosyan cuma bilang "besok sidang masih jalan-jalan aja" ngahahaha. . TA gue mah banyak nangisnya . . Di php in dosen yang anu ~~~ yeayyy semangat salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduhhh semoga gue juga gak diphpin ma dospem gue hahahaha. Tengkyu kak Lia :D

      Hapus
  10. tetap semangat mas :). sampai tercapai memegang toga

    BalasHapus
  11. Jadi inget sidang tahun lalu. Revisian 2 bab mayan. Udah pede bakalan sekali dua kali doang ke kampus (karena udah enek.hahaha) gaktaunya berkali-kali. Uh revisipun menyebalkan. Kena karma deh eikeh :))

    BalasHapus
  12. AAAAAAAAAAKH :D SUDA SEDIKIT AGAK LEGA. SEDIKIT AGAK LEGAAA ITU :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. yowman, tapi capsloknya gak jebol juga kali om.

      Hapus
  13. Kuliah di unpam ternyata ya, padahal rumah deket unpam gak kepikiran sama sekali buat Kuliah di sana hahahaha. Gimana ya ntar gue sidang akhir rasanya kayak elo gini apa enggak. Hahaha good luck kak!

    BalasHapus
  14. Sidang proposal? Apa pula ituh? Hahahaha

    Untung dulu waktu gw skripsi gak ada sidang proposal. Proposal kelar langsung ngajuin penelitian. Ahhh, hidup terasa indahhh...


    Semangat yah, besok kalo sidang skripsi kalo disalahin dosen jawab aja:


    'Maaf pak, saya khilaf....'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dosen: Bodo amat! Cepet kelarin! ƪ_(☉▿▿▿▿▿▿☉)_ʃ

      Hapus
  15. Selamat ya, sudah sidang proposal. Semoga lancar sampai skripsi kelar.

    *salah fokus sama pipinya, untuk ukuran cowok chubby banget*

    BalasHapus
  16. Cie sidang!... Lulus kagak...
    kalo gak lulus gue kasih jurus NAMATEKUIRUGARA Nih,...

    Biar dilulusin sma dosen kau

    BalasHapus
    Balasan
    1. anjayy, jurus sesat apalagi ini Ψ(╰_╯)Ψ

      Hapus
  17. bhahahay akhirnya ya tinggal ngeskripsi aja. semangat ya bang salam! semoga lekas dipredikat lulus, prosesnya mulus aamiin

    btw aku nggak kebayang temen kakak debat abis-abisan sama dosen. ngakak abis!

    BalasHapus
    Balasan
    1. AAamiiiiin :D

      wkwkwk// biarin aja dia mah.

      Hapus
  18. dan ini baru proposal yaaa.. yang kuaaat. :))

    BalasHapus
  19. waaahhhh SEMANGAT YAAAA SKRIPSINYAA...
    harus rajin banget buat buka terus file skripsinya nanti, JANGAN MAU DIKALAHIN MALES!
    kalau mau cepet selesai harus rajin yaa :D
    ketegangan sidang proposal belum seberapa lho dibanding sidang akhir huhuh,,
    nikmatin rasa deg-degannya :D

    selamat berjuang buat gelarnyaaaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bangettt!! :D hahaha
      harus siapin amunisi nih, sebelum menuju sidang akhir.

      Hapus
  20. Hmm dipikir-pikir, nyesel juga dulu saya gak pernah bikin postingan tentang kehidupan kuliah. Bener juga, itu penting buat dokumentasi hidup.

    Ngomong-ngomong, itu peserta proposal nyampe ada 400 orang. Beneran itu cuma sejurusan doang? Gila banyak banget.

    Yoo, beres Proposal, berarti tinggal bimbingan skripsi nih. Lanjut terus ceesku!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya rata2 anak semester 9,10,11,12 sepuh kampus gitu. Makanya banyak ahahaha.

      Hapus
  21. Ebuzeeh kelakuanmu kaaak. Minta dasi kupu kupu cuma buat selfie :"))) apa apaan itu haah!
    Ciyeeeeee. Alhamdulillah udah melewati si pengawal. Berarti tinggal satu langkah lagi ya? Semangat! Semangat! Sebagai sesama anak Teknik Informatika, ku mendukungmu! (biar entar bisa nanya nanya pas mau skripsi wakakak)

    BalasHapus
  22. Beruntunglah kau wahai salam yang nggak jadi kayak si Kholik. itu kalo jadi dia udah stres luar dalem tuh. :))

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah uda di ACC. Syemangaaaad! :D

    Btw dasi kupu kupunya cakep jugak. Ucul :3

    BalasHapus
  24. Beruntungnya kamu bisa kuliah dan mendpt pengalaman warbiyasah di semester trakhir :D
    semangat terus lam smpe babak final.
    btw, kemeja putih dasinya nyentrik loh. aku kirain tdi chef baru di RM.Sederhana :D hahaha

    BalasHapus
  25. Jadi inget pas skripsian dulu.
    Ini berarti lagi skripsi ya? Sukses yaaa...
    Btw jahat kamu, Lam, ga beli dasi kupu2nya. Mbaknya KZL, tuh. :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di www.salaminzaghi.com