Merantau Ke Makassar

Senin, April 24, 2017

city of makassar, foto city of makassar, anjungan city of makassar, gambar city of makassar, tulisan city of makassar, city map of makassar, citibank makassar, city branding makassar, city bekas makassar, city cell makassar, city code makassar, city courier makassar, city computer makassar, description of makassar city, history of makassar city, city inn makassar, citilink makassar, city map makassar, city one makassar, makassar of city, city rally makassar, city slam makassar, city supreme makassar, city slam makassar 2014, city tour makassar, city time makassar, the city of makassar, city zen makassar
from: makasar.kppu.go.id
Tebak gue sekarang ada dimana? Yaps benar, karena kalian udah baca judul post ini, jawabannya adalah gue ada di Makassar!!

Jauh banget ya gue nyasarnya hahaha. Tujuan gue kesini bukanlah buat my trip my adventure-an tapi ini akan jadi tujuan utama bwahahahaha, tapi gue lagi ada project kerjaan di Makassar yang jangka waktunya belum bisa ditentukan. Dan lewat blog ini yang udah sebulan gak update, (In shaa Allah) akan gue isi dengan pengalaman selama gue di Makassar.

Ciau! 

Pertama sampai disini yang gue lakukan adalah mencari tempat tinggal. Selepas dari bandara sultan hasannudin, gue langsung cari hotel. Hotel yang beruntung gue singgahi adalah hotel Celebes. Sebenarnya karena udah capek muter-muter cari hotel yang murah dimana, sekalinya dapet yang murah, ehhh malah udah penuh. Yaudah terpaksa.

hotel celebes makassar, hotel celebes makassar telepon, hotel celebes di makassar, alamat hotel celebes di makassar
from: agoda.com
Setelah istirahat beberapa jam, sorenya gue jalan. Ternyata di depan hotel ada taman. Gue pun melangkahkan kaki ke taman itu. Taman yang bernama Taman Macan cisewu.

taman macan makassar, sejarah taman macan makassar, lokasi taman macan makassar, alamat taman macan makassar, taman macan di makassar, taman macan kota makassar, luas taman macan makassar, gambar taman macan makassar, taman segitiga macan makassar, dua dunia taman macan makassar, alamat taman macan di makassar
taman macan di keremangan senja
Di taman macan ini adem banget, banyak pohon. Disini banyak masyarakat yang melakukan kegiatan seperti jogging, kumpul komunitas, seperti ada komunitas skater, terus komunitas nuchaku, ituloh senjatanya bruce lee. Ada banyak lagi, dan yang termainstream tentunya yaa komunitas narsis-narsis-an wkwkwk. Kayak manusia di bawah ini:

taman macan makassar, sejarah taman macan makassar, lokasi taman macan makassar, alamat taman macan makassar, taman macan di makassar, taman macan kota makassar, luas taman macan makassar, gambar taman macan makassar, taman segitiga macan makassar, dua dunia taman macan makassar, alamat taman macan di makassar
duduk samping abang, neng
Malamnya gue cabut ke jalan raya, mengitari kota Makassar menggunakan motor hasil begal sewaan.

video


Wisata malam pun dimulai!

Kata temen gue, gue harus cobain kuliner khas Makassar yang saik abiz, yaitu coto sama pallubasa. Sekitar 30 menit muter-muter gak jelas, akhirnya ketemu juga warung pinggir jalan yang menjual pallu basa. Pesan satu bang!

pallubasa makassar, pallu basa makassar, pallubasa serigala makassar, resep pallu basa makassar, pallubasa onta makassar, keracunan pallu basa makassar, gambar, pallu basa makassar, pallubasa samalona makassar, pallubasa onta kota makassar, pallubasa terkenal di makassar, resep pallu basa asli makassar, bumbu pallu basa makassar, cara membuat pallu basa makassar, pallubasa di makassar, keracunan pallubasa di makassar, warung pallubasa di makassar, penjual pallubasa di makassar, pallu basa paling enak di makassar, pallubasa 24 jam di makassar, pallu basa khas makassar, resep masakan pallu basa khas makassar, resep ayam pallu basa khas makassar, masakan makassar pallu basa
pallu basa yang saik abiz!

pallubasa makassar, pallu basa makassar, pallubasa serigala makassar, resep pallu basa makassar, pallubasa onta makassar, keracunan pallu basa makassar, gambar, pallu basa makassar, pallubasa samalona makassar, pallubasa onta kota makassar, pallubasa terkenal di makassar, resep pallu basa asli makassar, bumbu pallu basa makassar, cara membuat pallu basa makassar, pallubasa di makassar, keracunan pallubasa di makassar, warung pallubasa di makassar, penjual pallubasa di makassar, pallu basa paling enak di makassar, pallubasa 24 jam di makassar, pallu basa khas makassar, resep masakan pallu basa khas makassar, resep ayam pallu basa khas makassar, masakan makassar pallu basa
Pallubasa adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Seperti Coto Mangkasara, Pallubasa juga terbuat dari jeroan sapi atau kerbau. Proses memasak pun hampir sama dengan Coto Makassar, yakni jeroan direbus dalam waktu lama (Wikipedia).

Jadi pallubasa itu bukan palu-yang-basah terus lu kenyot-kenyot hehehe. ← tadi gue sempet mikir kayak gini hahaha. Pokoke nak banget.
Gue saranin lu makan pallu basa pelan-pelan aja, biar lu menghayati setiap sendoknya dan biar gak cepet abiz juga sih hehehe. Btw, harga pallu basa yang gue makan di jalan... gak tau, gak meratiin hehehe. Harganya 15 rebu. Ntap abiz!

Setelah dari pallubasa, gue lanjut jalan lagi. Kali ini gak jelas gue bawa motornya, pokoke jalan aja udahh. Pas di jalan kok laper lagi ya?? Waduhh kayaknya ada yang lupa nih. Oiya, coto belom cobain!?!! Wkwkwk gue langsung browsing, mana coto yang enak bed di Makassar. Pilihan jatuh di coto gagak yang berada di jalan gagak, Makasar. Dengan bantuan GPS gue pun melaju ke TKP!

JENG - JENG! SAMPAI DI COTO GAGAK MAKASSAR YANG TERKENAL ITUUU!!!

coto gagak makassar, resep coto gagak makassar, harga coto gagak makassar, alamat coto gagak makassar, coto gagak di makassar, rumah makan coto gagak makassar, aroma coto gagak makassar
aroma coto gagak
coto gagak makassar, resep coto gagak makassar, harga coto gagak makassar, alamat coto gagak makassar, coto gagak di makassar, rumah makan coto gagak makassar, aroma coto gagak makassar
coto Makasar
Coto Makassar atau Coto Mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan (isi perut) sapi yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan jeroan bercampur daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Coto dihidangkan dalam mangkuk dan dimakan dengan ketupat dan "burasa". (wikikpedia)

Jadi coto sama pallubasa hampir sama ya, sama-sama isi jeroan sapi, yang bedac cuma di bumbunya aja. Buat lu yang ke Makassar, wajib banget buat cobain pallubasa sama coto Makassar.

PS: Jangan lupa follow instagram dan twitter gue di @salaminzaghi untuk info terapdet gue selama di Makassar. Terima kasihh!!! XD wkwkwk pentingg abis!

21 komentar:

  1. Coto ama soto bedanya apa, Lam? Setelah lu cobain langsung di sana?

    Penting abis follow IG sampe distabiloin warna kuning. Wahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar menambah followers wkakaka

      Hapus
  2. mas, minta satu ya. kirim ke palembang soto gagak na

    BalasHapus
  3. daging kerbaunya amis gak mas?

    BalasHapus
  4. asyik yang jalan-jalan ke Makassar. boleh meet up nih

    BalasHapus
  5. Cihui ke makassar coy!!

    Rata rata di makassar coto pake jeroan ya? Entah sapi atau kerbau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal bukan jeroan anjay aja hehe

      Hapus
  6. Yuhu, Makassar, jadi penasaran pengen ke sana dan maen ke taman macan, adem pemandangannya ya, Mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoii, sini mas maen lah ke makassar :D

      Hapus
  7. wah senangnya ke Makasar blom pernah euy smg bisa kesono :p
    itu fotonya match bgt sama bangkunya hahahaha

    BalasHapus
  8. saya sudah dua kali mas ke Makassar.. Makanan Coto makasar, Pallu Basa, Pisang Epe sampai pulau Samalona udah pernah dicoba juga.. yang belum malah ke taman cantik itu mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belumsempet nih makan pisang epe :D di pinggiran pantai losari banyak yang jual

      Hapus
  9. wah kerbau ya? gimana rasanya tuh. duuuh pingin ke Makassar juga jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mampir sini mba, rasain coto makassar :D

      Hapus
  10. Udah lulus, udah kerja, Tinggal nyari orang biar bisa diajak duduk disamping dan diajak ke hotel ya mas..

    BalasHapus
  11. Hmm, bgtu toh crtnya... akhirnya udh gak pnasaran lg diriku. haha.
    ohh soto ma coto laen toh. Coto isi jeroan gtuu. Abs djlasin kok gue jd ngiler yak? Pdhal gue puasa loh. Salah gue baca ini :'D

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di www.salaminzaghi.com

Diberdayakan oleh Blogger.