Kamis, 11 Mei 2017

Trans Mamminasita, TransJakarta-nya Makassar

Trans Mamminasata, bus trans mamminasata, rute trans mamminasata, busway trans mamminasata, rute bus trans mamminasata, jalur trans mamminasata

Trans Mamminasata adalah layanan angkutan massal bus rapid transit (BRT) di Kota Makassar yang mulai beroperasi pada Maret 2014. Koridor pertama yang dibuka adalah rute Mal GTC – Mal Panakkukang. Pengoperasian bus ini sudah direncanakan sejak tahun 2007, namun terus tertunda oleh berbagai faktor. Pada tahun 2011, Kementerian Perhubungan menunjuk tiga kota, yakni Padang, Surabaya, dan Makassar, untuk penerapan BRT pada tahun itu, namun hal tersebut kembali gagal terealisasi hingga 2012 dan 2013. (wikipedia)

Trans Mamminasata, bus trans mamminasata, rute trans mamminasata, busway trans mamminasata, rute bus trans mamminasata, jalur trans mamminasata

Operasional Bus

Bus Trans Mamminasata itu memiliki kapasitas penumpang sebanyak 40 orang, dengan rincian 20 orang duduk dan 20 orang berdiri dengan pegangan tangan, serta dilengkapi fasilitas tempat duduk prioritas untuk para penumpang lanjut usia, ibu hamil, dan penumpang dengan anak serta penumpang berkebutuhan khusus. Bus ini beroperasi setiap hari mulai dari pukul 08.00 WITA hingga 22.00 WITA. Karcis dapat dibeli di halte dengan tarif sebesar Rp. 4.500 untuk umum untuk satu kali perjalanan (flat) jauh atau dekat.

Trans Mamminasata, bus trans mamminasata, rute trans mamminasata, busway trans mamminasata, rute bus trans mamminasata, jalur trans mamminasata

Trayek

Dari sebelas koridor yang telah dirancang untuk Trans Mamminasata, baru tiga di antaranya yang beroperasi (Koridor 2, 3 dan 8).


KoridorRincian jalur
Koridor 1Bandara-Tol-Jl.Nusantara-Jl. Ahmad Yani-Jl. Jenderal Sudirman-JlHaji Bau-Jl Metro Tanjung Bunga-Trans Studio-Mal GTC (pergi). Mal GTC-Trans Studio-Jl. Metro Tanjung Bunga-Jl Penghibur-Jl Pasar Ikan-Jl Ujung Pandang-Jl Nusantara-Tol-Bandara (Pulang).
Koridor 2Mal GTC-Trans Studio-Jl Metro Tanjung Bunga-Jl Penghibur-Jl Pasar Ikan-Jl Ujung Pandang-Jl Ahmad Yani-Jl Bulusaraung-Jl Masjid Raya-Jl Urip Sumoharjo-Jl AP Pettarani-Jl Boulevard-Mal Panakukkang (pergi). Mal Panakukkang-Jl Boulevard-Jl AP Pettarani-Jl Urip Sumoharjo-Jl Bawakaraeng-Jl Jenderal Sudirman-Jl. Sam Ratulangi-Jl Kakatua-Jl Gagak-Jl Nuri-Jl Rajawali-Jl Metro Tanjung Bunga-Trans Studio-Mal GTC (pulang).
Koridor 3Terminal Daya-Jl. Perintis Kemerdekaan-Jl. Urip Sumoharjo-Jl. AP Pettarani-Jl. Sultan Alaudin-Jl. Gowa Raya-Terminal Pallangga (Pulang Pergi).
Koridor 4Terminal Daya-Jl Perintis Kemerdekaan-Bandara-Jl Poros Makassar Maros-Terminal Maros (Pulang Pergi).
Koridor 5Untia-Terminal Panampu-Jl. Tinumbu-Jl Ujung-Jl Bandang-Jl Veteran Utara-Jl Veteran Selatan-Jl.Sultan Alaudin-Jl Gowa Raya-Terminal Pallangga (Pulang Pergi).
Koridor 6Terminal Pallangga-Jl.Poros Takalar-Jl Raya Bontomanai-Barombong-Mal GTC (Pulang Pergi).
Koridor 7Terminal Pallangga-Jl Poros Takalar-Terminal Takalar (Pulang Pergi).
Koridor 8Terminal Takalar-Galesong Selatan-Galesong Utara-Barombong-Mal GTC (Pulang Pergi).
Koridor 9Terminal Daya-Jl Lingkar Tengah-Bontomanai-Jl Poros Takalar-Terminal Pallangga (Pulang Pergi).
Koridor 10Terminal Daya-Jl Lingkar Luar-Bontomanai-Jl Poros Takalar-Terminal Pallangga (Pulang Pergi).
Koridor 11Terminal Maros-Jl By Pass Mamminasata– Bontomanai-Barombong (Pulang Pergi).
Kirain gue bus ini namanya bus Trans Makassar karena kota Makassar gitu kayak jakarta kan TransJakarta, eh ternyata Bus Trans Mamminasata. Naik bus ini jadi inget sama TransJakarta wkwkwk. Dengan bus ini, gue melanjutkan destinasi perjalanan trip Makassar menujuuuuuu..... Trans Studio Makassar!

17 komentar:

  1. widih ini dihapalin sampe detil bgt rincian jalurnya wkwkwk :p

    BalasHapus
  2. Hehehe walaupun namanya Trans Mamminasata, tetep dipanggil dengan "bus way".. Bener banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk yang manggil gitu cuma orang jakarta :D

      Hapus
  3. Wow udah sampai Makasar aja. ntaap

    BalasHapus
  4. Gak semua tempat sama, Lam. Di Solo bukan Trans Solo namanya. Tapi di Jogja kalo gak salah TransJogja, ya? Btw, beda seribu sama TransJakarta tuh tarifnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. gue baru naik transjakarta sama trans yang ini nih :D
      boleh tuh cobain naik yg di solo n di jogja

      Hapus
  5. Wah iya
    Ini sama kayak trans Padang juga nih

    BalasHapus
  6. wuaa, keren ya! mudah-mudahan rata di setiap kota ada damri nya juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamiiiinn. biar pembangunan merata dari sabang n marauke ya :D

      Hapus
  7. kalo di jogja, naik trans jogja baru beberapa kali sambil mempelajari rute rutenya gitu

    BalasHapus
  8. Gue liat nih di story lo. Muahaha. Seru juga ya di sana. Tapi kayaknya panas bener tempatnya. \:p/

    BalasHapus
  9. Kayaknya semua daerah sekarang pada berlomba-lomba bikin transportasi umum yang murah dan nyaman. Angkot yang horor mulai ditinggalkan

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di www.salaminzaghi.com

SALAMINZAGHI ON INSTAGRAM