Sabtu, 17 Juni 2017

Berkunjung Ke Benteng Fort Rotterdam

Setibanya di Makassar, destinasi pertama yang menarik perhatian gue adalah pantai losari, namun pas gue scroll-scroll maps. Di atas losari ada Benteng Fort Rotterdam. Wahh ini tempat kayaknya menarik juga nih untuk dikunjungi. Jadi penasaran. Gue pikir jarak dari pantai losari ke Benteng Fort Rotterdam itu jauh, eh ternyata deket dan gak perlu naik angkot, ojek, atau becak. Cukup jalan kaki. Gue pertama kali lewat benteng itu pas hari minggu muter-muter nyari kostan. Setelah beberapa minggu kemudian akhirnya gue bisa kesini.

benteng fort rotterdam kota makassar sulawesi selatan indonesia, benteng fort rotterdam kota makassar sulawesi selatan, sejarah benteng fort rotterdam di makassar, benteng fort rotterdam kota makassar sulawesi selatan 90171, benteng fort rotterdam makassar, misteri benteng fort rotterdam makassar, fort rotterdam (benteng rotterdam) di makassar, benteng fort rotterdam di makassar, sejarah benteng fort rotterdam makassar, sejarah benteng fort roterdam makassar

Fort Rotterdam atau Benteng Ujung Pandang (Jum Pandang) adalah sebuah benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo. Letak benteng ini berada di pinggir pantai sebelah barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Benteng ini dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9 yang bernama I manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Tumapa'risi' kallonna. Awalnya benteng ini berbahan dasar tanah liat, namun pada masa pemerintahan Raja Gowa ke-14 Sultan Alauddin konstruksi benteng ini diganti menjadi batu padas yang bersumber dari Pegunungan Karst yang ada di daerah Maros. Benteng Ujung Pandang ini berbentuk seperti seekor penyu yang hendak merangkak turun ke lautan. Dari segi bentuknya sangat jelas filosofi Kerajaan Gowa, bahwa penyu dapat hidup di darat maupun di laut. Begitu pun dengan Kerajaan Gowa yang berjaya di daratan maupun di lautan. (Wikipedia)

sejarah benteng fort rotterdam, sejarah benteng fort rotterdam di makassar, sejarah berdirinya benteng fort rotterdam, sejarah lengkap benteng fort rotterdam, sejarah tentang benteng fort rotterdam, cerita sejarah benteng fort rotterdam, sejarah benteng fort rotterdam makassar, singkat benteng fort rotterdam, sejarah benteng fort roterdam makassar

Nama asli benteng ini adalah Benteng Ujung Pandang, biasa juga orang Gowa-Makassar menyebut benteng ini dengan sebutan Benteng Panyyua yang merupakan markas pasukan katak Kerajaan Gowa. Kerajaan Gowa-Tallo akhirnya menandatangani perjanjian Bungayya yang salah satu pasalnya mewajibkan Kerajaan Gowa untuk menyerahkan benteng ini kepada Belanda.

Pada saat Belanda menempati benteng ini, nama Benteng Ujung Pandang diubah menjadi Fort Rotterdam. Cornelis Speelman sengaja memilih nama Fort Rotterdam untuk mengenang daerah kelahirannya di Belanda. Benteng ini kemudian digunakan oleh Belanda sebagai pusat penampungan rempah-rempah di Indonesia bagian timur.

Di kompleks Benteng Ujung Pandang kini terdapat Museum La Galigo yang di dalamnya terdapat banyak referensi mengenai sejarah kebesaran Makassar (Gowa-Tallo) dan daerah-daerah lainnya yang ada di Sulawesi Selatan. Sebagian besar gedung benteng ini masih utuh dan menjadi salah satu objek wisata di Kota Makassar.

museum la galigo, museum la galigo benteng rotterdam, museum la galigo fort rotterdam, museum la galigo di makassar, sejarah museum la galigo, koleksi museum la galigo, isi museum la galigo, makalah museum la galigo, isi museum la galigo makassar, isi museum la galigo di benteng rotterdam, gambar museum la galigo alamat museum la galigo, tentang museum la galigo, penjelasan museum la galigo, sejarah berdirinya museum la galigo, latar belakang museum la galigo, riwayat singkat museum la galigo, makalah tentang museum la galigo, benda bersejarah di museum la galigo, peninggalan sejarah di museum la galigo, deskripsi umum tentang museum la galigo, benda peninggalan di museum la galigo, peninggalan bersejarah di museum la galigo, deskripsi umum museum la galigo, museum i la galigo, museum lagaligo kota makassar sulawesi selatan, koleksi museum la galigo makassar, museum la galigo makassar, museum negeri la galigo, sejarah museum la galigo makassar
muka ngantuk
Museum La Galigo adalah sebuah museum provinsi Sulawesi Selatan yang terletak di Kota Makassar, Sulawesi Delays. Terletak di Jl. Ujung Pandang No. 1. Museum ini didirikan pada tanggal 1 Mei 1970. Pada 24 Februari 1974 Direktur Jenderal Kebudayaan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. I.B. Mantra meresmikan gedung No. 5 dengan luas 2.211 m² sebagai ruang pameran tetap dan ruang pembinaan.

Museum ini memiliki koleksi sebanyak kurang lebih 4999 buah yang terdiri atas koleksi prasejarah, numismatik, keramik asing, sejarah, naskah, dan etnografi. Koleksi etnografi terdiri atas berbagai jenis hasil teknologi, kesenian, peralatan hidup, serta benda lain yang dibuat dan digunakan oleh suku Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja. Museum juga memiliki benda-benda yang berasal dari kerajaan-kerajaan lokal dan senjata yang pernah digunakan pada saat revolusi kemerdekaan.

Selain menjadi tempat untuk belajar sejarah, benteng fort rotterdam juga asik untuk berkumpul atau meet up bersama teman-teman. Yang gue liat di sini banyak anak-anak sekolah / kampus pada duduk-duduk, tiduran, belajar bareng, diskusi. Di sini kadang juga ada aksi dari komunitas tertentu.

Untuk masuk ke benteng fort rotterdam tidak dipungut biaya alias gratis! Sebenarnya pas masuk ada loket gitu di sebelah kanan, tapi gue nyelonong aja  :p n petugasnya senyum aja :). Btw, Gue masuk sini udah 2 kali dan gratis.

benteng fort rotterdam kota makassar sulawesi selatan indonesia, benteng fort rotterdam kota makassar sulawesi selatan, sejarah benteng fort rotterdam di makassar, benteng fort rotterdam kota makassar sulawesi selatan 90171, benteng fort rotterdam makassar, misteri benteng fort rotterdam makassar, fort rotterdam (benteng rotterdam) di makassar, benteng fort rotterdam di makassar, sejarah benteng fort rotterdam makassar, sejarah benteng fort roterdam makassar, sejarah benteng fort rotterdam, sejarah benteng fort rotterdam di makassar, sejarah berdirinya benteng fort rotterdam, sejarah lengkap benteng fort rotterdam, sejarah tentang benteng fort rotterdam, cerita sejarah benteng fort rotterdam, sejarah benteng fort rotterdam makassar, singkat benteng fort rotterdam, sejarah benteng fort roterdam makassar

23 komentar:

  1. Wah di sulawesi yaaa, hemm untuk masuk ke benteng tersebut apakah membutuhkan biaya atau ada biaya masuk gitu ?? sharing dong hhe siapa tau bisa kesana juga, tempat bersejatah mayan juga :D

    BalasHapus
  2. noted deh sbg referensi tempat wisata di sulawesi :)

    BalasHapus
  3. Udah nyampe di makassar yah? boleh deh kopdar bareng, soalnya saya tinggal di Makassar juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayok bro, cek mention twit lu bro

      Hapus
  4. kenal benteng ini cuma lewat buku sejarah, dan beberapa blogger sebelum mas kesana. eeh mas ngreview lagi. kayaknya tu benteng mau banget saya kunjungi. :D

    BalasHapus
  5. wkwkwk ciyus gratis ato emang dirimu ngendap2 kek garong masukna wkwkkk
    belum kesampean euy ke makasar pgn ber sampe ke pantai losari nya juga.
    request dong kang bahas kuliner yg khas sono 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. mampir lah mba sekali2 ke makassar :D disini sunset nya bagus lohh wkwk. masih bingung mau bahas kuliner apa :D

      Hapus
  6. weh, kapan ya bisa kesampaian datang kesana, duh pantai Losari sudah di kenal banget, tapi belum pernah lihat langsung

    BalasHapus
  7. Entah kenapa jarang orang melirik museum sebagai tempat destinasi menarik untuk dikunjungi. Padahal ada banyak keindahan dan informasi yang bisa kita dapatkan di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba maz ke musium dan rasakan sensasinya :D

      Hapus
  8. Wah jd pengen kesana lagi, terakhir waktu bayik 😂 Selalu suka bangunan-bangunan tua peninggalan zaman penjajahan.. Kokoh-kokoh bgt sampe skrg, kayak lawang sewu di Semarang juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohh jadi mba lahir disalah satu gedung yang ada di rotterdam ato gimana :D wkwk

      Hapus
  9. Tempatnya keren, cocok buat ngabuburit ya, Mas.. Tapi sayang jauh dari sini. Doa aja dulu, semoga aja ada kesempatan kesitu :)

    Alhamdulilah banget cuacanya sedang bagus ya, Mas, jadi mendukung juga buat diabadikan..

    BalasHapus
  10. Ckckckckckkkk... masih asri, gedung2nya menggambarkan kedigdayaan penjajah Belanda dulu....

    BalasHapus
  11. Benteng Fort Rotterdam ini menjadi salah stau tempat yang akan aku kunjungi kalau ke Makassar, mas. Ini tempatnya asik banget. Kalau La Galigo bukunya terkenal banget :)

    BalasHapus
  12. Nah yaaaaa nyelonong aja gak bayar. Untung gak diteriakin.
    Mengunjungi tempat sejarah kaya gini, mau gak mau bikin kita jadi melek sejarah ya. Karena kita kan pasti penasaran sama sejarah nya, jadi pasti akan banyak cari tau.

    BalasHapus
  13. kalau liat bangunan benteng Rotterdam ini saya suka kasuat-suat dengan kisah masa lalu bersama kekasih yang menikah dengan sahabatku sendiri deh, di benteng Rotterdam itulah kami pernah berjanji sehidup semati, walau pada akhirnya semua tak pernah terjadi....hadeuh

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di www.salaminzaghi.com

SALAMINZAGHI ON INSTAGRAM