Rabu, 28 Juni 2017

Kena Prank Makan Pallu Basa, Makanan Khas Makassar

Ini adalah kedua kalinya gue makan Pallu Basa setibanya gue di Makassar. Pengalaman pertama makan Pallu Basa ada di post ini >> Merantau Ke Makassar

Btw, karena masih suasana lebaran, gue selaku admin salaminzaghi.com mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin, yaw!

Nuansa lebaran masih kental, dapat dilihat dari warung makan yang pada masih tutup. Sebenarnya setelah H+1 lebaran gue udah susah cari makan. Restoran dimana-mana tutup. Gue pesen GoFood, abangnya langsung cancel, soalnya dia tau kalo rumah makan itu kalo lebaran pada tutup. Gue bingung. Akhirnya belakangan ini gue jadi makan KFC terus, yang berujung dompet gue kembali bersih putih nan suci. Biasanya gue makan sehari gak nyampe 30rb, itu juga gue presss-press-in wkwkwk.

Setelah H+2 lebaran, gue kembali bekerja. Btw, gue gak pernah sarapan, karena menurut gue selain untuk hemat, tanggung juga sih bentar lagi juga mau makan siang. Akhirnya sarapan dan makan siang digabung. 

Di jam istirahat gue keluar kantor. Gue muter jalan ke belakang, dan gue meliat sebuah rumah makan.

pallubasa jalan ranggong, makan palu basa di jalan ranggong, ranggong makassar, jalan ranggong makassar, coto ranggong makassar, btn ranggong makassar, jln ranggong makassar, peta jalan ranggong makassar, kumon ranggong makassar, jalan ranggong di makassar, btn ranggong permai makassar, coto makassar jalan ranggong
Pallu Basa Ranggong, sebuah rumah makan yang terletak di jalan Ranggong


 Gue pun masuk ke dalam. Di daftar menu nya ada Pallu Basa, Gado-gado, bubur ayam, ota-ota (gak tau nih gue apaan), dan menu tambahan yang baru launching, Coto Makassar. Gue pun memesan Pallu basa.



Sekitar 7 menit, pesanan tiba..

tempat kuliner di makassar, tempat kuliner khas makassar, tempat kuliner kota makassar, tempat wisata kuliner khas makassar, kuliner pagi makassar, wisata kuliner makassar ujung pandang, pameran kuliner makassar. tempat kuliner makassar
Pallu Basa

Jadi isi dari Pallu Basa itu rebusan perutnya sapi, kayak jeroan n daging gitu. Nah supaya kenyang, makannya pake ketupat atau nasi. 

pallu basa paling enak di makassar, pallu basa makanan khas makassar, pallubasa di makassar, resep pallu basa makassar, warung pallu basa di makassar, resep pallu basa jalan serigala makassar, pallu basa khas makassar, cara membuat pallu basa khas makassar, pallu basa makassar, pallubasa serigala makassar, resep pallu basa masakan khas makassar, pallubasa terkenal di makassar, resep makanan khas makassar pallu basa
proses menyantap Pallu Basa

pallu basa paling enak di makassar, pallu basa makanan khas makassar, pallubasa di makassar, resep pallu basa makassar, warung pallu basa di makassar, resep pallu basa jalan serigala makassar, pallu basa khas makassar, cara membuat pallu basa khas makassar, pallu basa makassar, pallubasa serigala makassar, resep pallu basa masakan khas makassar, pallubasa terkenal di makassar, resep makanan khas makassar pallu basa, pallu basa paling enak di makassar, resep pallu basa yang enak
Alhamdulillah, kenyaaaang~

Setelah selesai, gue menghampiri ibu penjual,.

"Berapa bu?" Sebelumnya gue udah siapin duit 20ribuan, karena di plang menunya tertulis kalo pallu basa itu harganya 20ribu.

"Tadi ketupatnya berapa?" tanya ibu.

Waduh, perasaan gue gak enak nih. Jangan-jangan ketupat gak termasuk lagi??!?!?!?!?!?!?!?!?!?

"Eh, gak tau bu" mampuss gue, beneran ini mah. Malah tadi ketupatnya gue abisin semua lagi (maklum, dari pagi belom sarapan).

Si ibu menghampiri meja makan gue, dan menghitung bungkus bekas ketupat yang gue makan. 

"Oohh, empat ya. Jadi.. 32ribu" kata si ibu setelah menghitung bungkus ketupat gue.

KAMVREEEEEE, BENERAN GUE KENA PRANK!!!!!!!!!! TERNYATA KETUPATNYA BEDA LAGIIII SUEEE.

"Loh, saya kira itu udah termasuk sama Pallu Basa nya, jadi beda ya." kata gue.

Si ibu malah nyengir doang nanggepin gue ngomong.

Yauda, akhirnya gue bayar 32ribu. Dan ternyata satu ketupat harganya 3ribu.


Btw, ada yang pernah ngalamin juga gak pas makan kena prank harga kayak gue gini? Yang pernah, boleh coret-coret di kolom komentar.


16 komentar:

  1. taheklah itu jebakan warungnyaaaa... kalo emang beda, kenapa disajiinnya barengan, gapake briefing lagiii.. xD

    eh itu ota-ota bukan otak-otak kah maksudnya? apa emanga da nama jenis makanan itu di sana yg beda ama otak-otak?

    gue kayaknya pernah deh.. saking banyaknya, ampe lupa yg mana aja. palings ering prank beda pelayan, beda harga. kemaren beli ikan bakar plus tahu 10rebu, esoknya beli ikan bakar doang udah 12rebu. xD

    tapi prank makanan angkringan agak serem sih dulu. tempatnya sepi gitu. karena harganya murah ya duduk aja makan. pas ngambil, dan nanyain harganya, emang murah sih. tapi pas mesen minum, teh es doang lima rebu, waktu itu harga rata2 es teh masih serebu. mana aer putih kagak disediain/dijual. gimana kalo mesennya jus.

    BalasHapus
  2. di kadalin tuh mas :D
    masa ketupat 1 harganya 3rb kan di fotonya ukurannya kecil tuh soalnya biasanya sih 2rb aja. Gak apa-apa sob, entar kita coba makan soponro deh dijamin puas

    BalasHapus
  3. Wanjiir...!! Ini mah beneran. Malu bertanya sesat di duit. Mana gak sarapan lagi makannya abis ketupat banyak. Hahaha

    Aku gak pernah ngalamin begini. Soale pasti tanya dulu waktu pesan.

    BalasHapus
  4. Mencari makan sampe 32rb gtu sama aje kek kaepci :'D
    Lagi gak nanggung2 si makan ktupat ampe empat biji:( Apa itu mrupakan balas dendam akibat gapernah sarapan? Hmm..
    Kyak murah sih, ketupat satunya 3rb.. Tp ttep aja 4 biji jd mahal. Wkwk.
    Laen kali jgn asal makan, tnyain dlu. Ibunya mah seneng2 aja dia untung, mkanya kaga ngasi tau :p

    BalasHapus
  5. Seriusan empat ketupat? Kayaknya gue 2 udah biji aja udah kenyang deh.

    Wuahaha. Gue juga pernah tuh di tempat makan mana gitu. Pesen ayam bakar, eh nggak ada nasinya. Katanya belum termasuk nasi. Setelah minta nasi, harga nasinya 5.000. Hadeh. Mana dikit lagi. :(

    BalasHapus
  6. Huwakakakakakk anggap aja sudah kasih THR.

    BalasHapus
  7. haha ketupatnya habis
    nggk apalah sekali-kali ini

    Coto makasar yang udah pernah
    otak-otak mungkin sama dg Palembang makanan berbahan ikan makanya dg sambal kacang kali loh

    BalasHapus
  8. lain nih yang banyak uang. makan ga pake tanya harga lagi heehheheeee..................tapi suer deh, aku pernah galamin. karena walnya PD harga makanan sesuai standar yang ternyata beda jauh hahahaaa

    BalasHapus
  9. Bener-bener kamvret jebakan tikus anjriiit... gue ngakak tapi gue langsung inget: oh iya,,,kan harusnya gue kasihan yak,,,kok malah gue ketawain sih? wkkkkkk....

    BalasHapus
  10. wah udah lama banget aku gak makan palu basa.. dulu di palembang ada ibu2 yang jual.. tapi dia bebas sih makan ketupatnya gak bayar. boleh nambah.

    BalasHapus
  11. laham.... telung ewu pek
    hahahah, tak kasih ketupat di rumahku aja mas

    BalasHapus
  12. kemaren nih pas mudik, makan di warung padang. biasanya paling mahal 20ribu. cuma makan sama cumi aja bayar 30ribu. berempat 120ribu. tau gitu mending ke restoran sekalian hahaha

    BalasHapus
  13. Jebakan betemen..hehe
    Itu abis banyak mas, tapi maklum lah wong belum sarapa dari pagi.. :D
    Aku baru tahu makanan khas Makassar seperti itu, setidaknya gak aneh nanti kalau ke Makassar..hehe

    BalasHapus
  14. halooo selamatttt lebaran salam
    mohon maaf lahir batin ya :)

    BalasHapus
  15. Hahaha aku ga pernah ngalamin hal kayak gitu sih :D
    Btw itu ketupat ukurannya kayak ketupat biasa ga?
    kalau iya, buset dah itu 4 ketupat abis semua, kalau aku sih makan 1 aja udah kenyang :D

    BalasHapus
  16. wkwkwkwk budayakan nanya dulu harga secara detail biar ga kena jebakan betmen haha

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di www.salaminzaghi.com

SALAMINZAGHI ON INSTAGRAM