Laptop Rusak di awal 2017, Dan Keribetannya

Januari 27, 2018
1 januari 2017 adalah awal yang buruk. Laptop gue rusak. Rusaknya gara-gara bluescreen, harddisk gue gak kebaca. Selain itu laptop gue juga suka panas, jadi baru nyala 3 menit, udah panas banget kayak penggorengan. Mungkin besok-besok, gue masak telor pake laptop aja kali ya, gak usah pake penggorengan lagi. huft.

Indikasi laptop gue panas karena kipasnya udah gak fungsi lagi. Dan yang paling nyesek adalah harddisk gue juga udah soak. Dan gue gak sempet ngeback-up datanya.. dan datanya itu adalah........ SKRIPSI GUE ANNJJJJJ***!

Gluk.. *minum dulu*

*kembali mengetik*

File skripsi gue tidak terselamatkan 😓 . Gue udah coba bersihin harddisk gue, tetep gak kebaca. Gue samperin temen gue yang ngerti hardware komputer, gak  kebaca juga, katanya harddisk gue udah kena. Syitt, Gue harus selamatin harrdisk gue! Gue harus selametin! Back-upan data skripsi gue ada di fd bab 1 sama bab 2 doang, itu juga bekas ngeprint. Tapi sisanya bab inti bab 3 dan bab 4 masi ada di laptop, apalagi aplikasinya juga masih disana.


laptop rusak, laptop rusak blue screen, laptop rusak hardisk, hardisk laptop rusak bisa diperbaiki, hardisk laptop rusak, laptop rusak hardware, ciri laptop rusak hardisk, ciri laptop hardisknya rusak, laptop jatuh hardisk rusak, laptop acer hardisk rusak, hardisk laptop rusak karena, hardisk laptop toshiba rusak, hardisk laptop rusak solusi, hardisk laptop rusak bunyi, hardisk laptop rusak karena apa, cara mengecek hardisk laptop rusak atau tidak akibat hardisk laptop rusak, apabila hardisk laptop rusak, cara cek hardisk laptop rusak atau tidak, cara memperbaiki hardisk laptop rusak bunyi bila hardisk laptop rusak, backup hardisk laptop rusak, cara hardisk laptop rusak, dampak hardisk laptop rusak, efek hardisk laptop rusak, faktor hardisk laptop rusak, gejala hardisk laptop rusak, harga hardisk laptop rusak, hardisk internal laptop rusak, indikasi hardisk laptop rusak, jika hardisk laptop rusak, jual hardisk laptop rusak, kalau hardisk laptop rusak, kenapa hardisk laptop rusak, memperbaiki hardisk laptop rusak, mengatasi hardisk laptop rusak, masalah hardisk laptop rusak, memanfaatkan hardisk laptop rusak, penyebab rusak nya hardisk laptop, hardisk rusak pada laptop, penyebab hardisk laptop rusak
Fak
 Gue bengong. Gue pasrah. Gue merasa apa yang telah gue lakukan selama ini sia-sia. Skripsi gue. Kuliah gue. Ohh syitt jangan-jangan kuliah gue ini hanyalah mimpi. Mimpi yang berkepanjangan, yang dimana 4 tahun kuliah ini hanyalah 4 jam ketika gue tidur. Fakk. Gue memejamkan mata. Gue berharap setelah gue membuka mata nanti, gue terbangun dan sadar kalo yang barusan itu cuma mimpi dan saat ini gue masik kelas 3 SMK, tepatnya abis UN.

Gue buka mata. Anjir, gue tidur beneran ternyata tapi cuma sejam, dari jam 1 sampe jam 2. Gue bangkit, dan laptop kampret itu masih di sebelah gue. Gue rapih-rapihin lagi laptop itu. Gue memutuskan pergi ke toko komputer. Gue muter-muter Pamulang, toko komputer masih pada tutup. Yaiyalah ini kan 1 januari, tanggal merah!!!

Gue muter-muter lagi dan sampelah di pondok cabe tepatnya di perempatan gaplek. Gue ngeliat ada toko komputer buka. Gue ceritain ke abangnya kalo hd gue gak kebaca. "Dibuka aja dulu mas harddisknya." kata si abang. Oke gue buka. Terus si abang ngasi kabel usb to SATA.

kabel usb to SATA
Gue minjem komputernya dia terus masukin harddisk gue ke usb komputer pake kabel usb to SATA. Pertama kali nyolok gak keditek. Gue colok lagi sambil berdo'a "YA ALLAH BISA KEK BISAAAAA!" *tringgg~ BISA CUYY!! :'D Gue buka drivenya.. kok lama banget yaaaaaaaaaaaaa... Terus gue coba klik-klik eh, malah not responding kayak aku menyatakan cinta ke kamu :'( HUAAAAAHHHHH. "Kenapa mas!?!?" abang komputer yang lagi fokus ngerakit teralihkan oleh jeritan gue. "Ini bang.. not responding Kayak... ya gitu dah!" tadinya mau ngomong kayak aku menyatakan cinta ke kamu, entar abangnya malah baper beneran anjir.  "Ya jangan di klik-klik dulu. Itu kan harddisk mu udah kena, jadi lambat. sukur-sukur itu udah kebaca" kata si abang. Huft, oke deh gue pelan-pelan. Ketika seluruh harddisk sudah terbaca, pertama yang gue lakukan adalah mencopy yang ada di folder "kuliah" ke flashdisk gue. Pas klik loadingnya lamaa banget ada kali gue nunggu hampir setengah jam, itu jg uda gue sabar-sabarin.

Gue: bang kok lama yaaa?

Abang komputer: Iya tunggin aja emang lama.

Zzzz.. gue udah males.

Gue: bang ni kabelnya saya bayarin aja deh. Biar backupnya di rumah aja.

Abang komputer: Yaudah 20rb.

Seteleh membeli kabel itu gue pulang dan lanjutin migrasi datanya pake laptop abang gue. Dan sepertinya harddisk gue sudah masuk gejala-gejala bad sector. Ngedetek harddisknya aja lama bed coy! Kurang lebih 20 menit, harddisk gue kebaca. Gue gerakin mousenya pelan-pelan, klak-klik juga pelan-pelan takut not responding kayak hati kamu. Selain itu harddisk juga jangan sampe kesenggol, kalo kesenggol lagi bakal nunggu lagi, dan itu belum tentu bakal keditek lagi. Kalo gak keditek lagi... KYUBI DALAM DIRI GUE AKAN KELUAR!!! HROOOAAAAAHH!!! SASUKEEEEE!!!

Gue pindahin data-data penting dulu, terutama file kuliah gue (foto-foto selfi gue, belakangan). Setelah file kuliah tercopy, gue ngopy semua sisanya. Ini bakal makan waktu lama banget palingan 2 jam lah mengingat harddisk gue udah soak. Jadi yang harus gue lakukan adalah jangan sampai ni harddisk kesenggol-senggol.


Yaudah gue tinggal aja. Gue nonton tv, baca buku, tidur-tiduran.. Nah, sebelum takut tidur beneran, gue tulisin di kertas taro di samping laptop "AWAS! JANGAN DISENGGOL!" haha antisipasi kalo kesenggol atau ada yang pegang-pegang. Gue akhirnya tidur beneran. Pas bangun, sekitar jam 9 malam (anjirr kebo juga gue), itu proses copy masih belum selesai dan terlihat hanya bergeser cuma seemprit doang. Huft. Sabar.. Sabar.

Besoknya hari masuk kuliah. Laptop gue tinggalakan sambil menunggu proses copy selesai. Gue coba klak-klik cari file tugas web yang harus gue serahkan hari itu juga. Tugas web itu adalah nilai tambahan untuk UAS. Setelah gue pindahin data-data file yang gue butuhkan ke flashdisk, gue berangkat ke kampus.

Di kampus, gue muter-muter nyari laptop, karena file ini harus dipresentasikan menggunakan laptop. Gue wasap adek kelas yang gue kenal.

Gue: de, minjem laptop dong, aku mau presentasi. laptopku lagi rusak di rumah.
Adek kelas: Wah, maap kak. aku lagi ada kelas, ini laptopnya juga lagi dipake.
Gue: Yaaaaahhhhh

Lanjut. Cari lagi.  Ketemulah gue sama kholik bin ocit, teman sekelas gue.

Gue: Lik!
Kholik: apaaan??
Gue: Minjem laptop dong! Gue mau presentasi.
Kholik: Laptop gue udah soak Lam, engselnyaaa.

Yap, laptopnya Kholik juga udah soak bodynya, tepatnya dibagian engsel (yang dipinggir buat nutup layar naik turun monitor). Selain bodynya soak, laptopnya juga banyak virussss. Tapi karena ini urgent, dan gue udah telat, terpaksa deh. Gak ada pilihan lain.

Gue: Iyaudah sinii, gue pelan-pelan kok *gue langsung merebut laptop kholik dari genggamannya
Kholik: EEEEEEHHHHH!!!!!! PEAK!!! PELAN-PELAAAN WOY! *jerit kholik yang tidak melepaskan laptopnya.
Gue: uhhh sorry. *gue melepaskan tangan gue
Kholik:  AAHH KAGAK! KAGAK!
Gue: Lik, pliss Lik.. Sekali ini ajaaaaaa *pasang muka melas
Kholik: ckk... yauda ni hati-hati luuu *merasa iba

Setelah kholik menyerahkan laptopnya gue segera menuju kelas.

Gue: ASSALAMMMU... Eh!?!

Gue terpelongo, kelas sepi dan hanya terisi satu orang, yaitu asisten dosen.

Gue: pada kemana?
Asdos: udah selesai kali.
Gue: cepet amat?
Asdos: Iya cuma nunjukin aplikasi doang sama absen.
Gue: Bu Anu mana?
Asdos: gak masuk, saya yang gintiin. Mana sini punya kamu?

Gue ngeluarin laptop kholik, dan nancepin flashdisk gue. Gue demonstrasikan web yang gue buat.

Asdos: kok gini!?
Gue: wait.. wait!?!!!!

Databasenya lupa ke copy

Asdos: jadi gimana (¬_¬”) ???
Gue: jadi.... databasenya kelupaan :( ini sebenarnya bukan laptop saya. Laptop saya rusak kak. Ini minjem punya temen, tadi buru-buru. blablablablablablablabla~

Gue ceritain ajalah semuanya ke ni asdos. Dan dari ekspresinya kayaknya nilai gue mengecewakan :( padahal ini mata kuliah ngulang, dan gue gak mau ngulang lagi :'(  Yaudahlah gue pasrah aja :'((

Asdos: Yaudah.
Gue: Udah apa kak?
Asdos: Udah selesai.
Gue: :'(

Gue keluar kelas. di lorong gue ketemu kholik.

Gue: Lik, ni laptop lu. Makasih ye
Olik: Oke. Eh, ngopi dulu lah diparkiran. Ada Agus sama Rio.
Gue: Gue cabut dah lik. Duluan ya~

Mood untuk nguvi pun hilang, gara-gara kepikiran yang tadi :( Sesampainya di rumah gue ngecek copyan harddisk gue. Dan sebentar lagi finish. Gue tiduran. Apa gue harus beli laptop baru ya? Sebentar lagi kan mau sidang. Gue mengambil handphone, kemudian cek mobail banking. Duit tinggal segini, dan itu rencana buat bayar wisuda nanti. Tapi, gue butuh laptop sekarang. Yaudah fix gue harus beli laptop baru ASUS ROG keluaran terbaru bekas.

====================================================

Sebenarnya awal postingan ini berjudul "KILAS BALIK 2017" tapi apa daya, paragraf pertama dan kedua udah keasikan bahas story laptop yang terjadi di awal 2017, jadi keterusan deh.


27 komentar:

  1. memang kalau udah kompi atau leptop rusak lalu aja separo pikiran kayak ikut melayang. gak bisa bikin tulisan dan kerjaan lainnya. dan efeknya kalau udah sehat lagi, kadang bawaannya kelanjut malas aja tuh bang... kan repot kita membangkitkan semangat nulis dan kerja lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget bang :D apalagi cuma itu laptop satu2nya, dan data yg kita butuh masih nyangkut disana huhuhuhuhu

      Hapus
  2. Itu pasti rasanya kek digantungin ama gebetan yak. Pedih. Hahahahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan digantungin gebetan lagi ini mah bro, dimutilasi gebetan XD huahahaha

      Hapus
  3. Laptop sy juga ada yg rusak, komputer juga, sy biarkan aja krn blm ada uang utk perbaiki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya saya juga. duit udah ngepas banget buat ini itu. tapi terpaksa dandanin laptopnya karena itu penting utk kedepannya. tpi alhamdulillah udah diganti sama lebih baik.

      Hapus
  4. Saya kalau ponsel yang rusak atau hilang atau dipinjem temen, nggak masalah sama sekali. Tapi kalau udah laptop, pasti nggak boleh. Saya cinta banget sama acer saya, Lam. Dulu dia sempat kena HD nya juga sama motherboard. Bayangin, itu sedang hectic nyari kampus di tahun 2012. Semua data masa sekolah di SMA ilang semua. Paniknya bukan main. Tapi setelah itu, saya ganti dan baik-baik aja sampai sekarang.

    Ngomong-ngomong, postingan kilas balik begini, kesulitan dalam menuliskannya apa ya? Ada nggak? Saya banyak banget tulisan kilas balik yang mau diposting tapi bingung mulai darimana :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya awalnya ini postingan nyeritaiin tentang gue di tahun 2017. dimulai januari sampe desember. nah di januari itu kejadian yg gue alami laptop gue rusak. eh malah keasikan ngebahas laptop daripada kilas baliknya yg sampe desember itu hahaha XD gpp postingannya jadi banyak

      Hapus
  5. Skripsi di save di google drive aja, Mas. Biar man to. Atau nggak perbanyak savenya, misal di backgup di hardisk exsternal, flasdisk, dll.
    Tapi memang ngeslin sih kalau udah not responding gitu. Apalagi ngadat mulu, beuh. Saat ini komputerku aja masih belum diapa-apain, masih belum bisa nyala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahhh itulah bro harusnya gw backup2 ke berbagai tempat. tapi alhamdulillah sudah terselmatkan. dan gara2 inget kejadian itu gw jadi beli harddisk eksternal buat backup

      Hapus
  6. Laptop for the win!

    Ntah kenapa kok akhir2 ini banyak pemabahsan laptop. Kayaknya ada 3 blogger deh yang saya tahu laptopnya rusak. Innalillahi wa inna ilaihi raajiun :')

    T___________T kalo gini rasanya ketar ketir juga sama laptop saya. Jalan 3.4 tahun tapi baterai udah soak. Pemakaian berlebih. Sedihnya ya di tidak-terbacanya-hd. Ya Allah lindungilah aku dan hindarkan aku dari cobaan seperti itu.

    Tapi sudah wisuda kan ya bang? Alhamdulillah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk dari sekarang rajin2lah backup data. apalagi zahrah lagi skripsi kan.

      udah dooong ahahhahaha :'D *kembali mengingat perjuangan yg berat itu*

      Hapus
  7. yang sabar ya bos, ane jg pernah ngerasain :( .

    BalasHapus
  8. Whew serem juga deh kalo udah nyangkut tugas gede atau tugas akhir gitu

    Aku jg pernah sih, obatnya dibawa ke bengkel laptop aja dan hilang semua data hahahahaha

    BalasHapus
  9. Semua laptop akan bermasalah pada waktunya. :')

    Syukur aja kemarinan punya saya yang rusak itu charger. Padahal awalnya panik banget. Wqwq. Ngeri euy kalau hardisk sampai bermasalah begitu. Apalagi kalau banyak banget file tulisan atau data penting yang belum di-back up. Hm. Terus, akhirnya udah beli laptop baru atau gimana, Lam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nahh ituuu.. akhirnya beli yg bekas. mau baru tapi ROG tapi blm mampu huhuhu

      Hapus
  10. Baca jd iktn ngrasain #horor, gimana rasanya data penting semua di sana dan #rusak ...

    Btw pengganti nya apa nih? Berapa lama tuh laptop sampai pensiun?

    BalasHapus
  11. Data harus ada back up nya di media yang lain..data lebih mahal dari harga perangkatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAH BENER! data bisa lebih mahal dari perangkatnya

      Hapus
  12. apa gak bisa persentasi tanpa laptop? bisa kali tinggal corat coret di papan tulis sbg gantinya. Dosennya kok gitu amat ya, bilang udah selesai hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk ini kan presntasi aplikasi -__-

      Hapus
  13. seru mas insidennya, mengawali tahun dengan bahagia ehh laptop baru

    BalasHapus
  14. HASHTAG OPTION merupakan platform trading Online berbasis di Indonesia.
    Hanya dengan Deposit 50.000 anda bisa bermain trading.
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT

    Jika anda bingung mencari broker, anda bisa bergabung bersama kami
    Dengan modal kecil anda bisa berinvestasi dengan keuntungan hingga 80%

    Bersama Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.

    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkunjung di www.salaminzaghi.com

Diberdayakan oleh Blogger.